Tips Merencanakan Keuangan Untuk Tahun Depan

Keuangan merupakan urusan penting yang harus dipikirkan dan direncanakan oleh setiap orang, terutama bagi orang yang sudah berkeluarga. Setiap orang tentunya tidak bisa dipisahkan dengan urusan keuangan, karena hal tersebut selalu melekat pada setiap orang ketika menjalani kehidupan.

Hal penting dari urusan keuangan adalah bagaimana agar keuangan dapat direncanakan, sehingga keuangan dapat sehat dan stabilitasnya terjaga. Perencanaan keuangan dibagi menjadi dua secara umum, yaitu perencanaan jangka pendek dan perencanaan jangka panjang. Tulisan ini akan menjelaskan tips merencanakan keuangan untuk jangka panjang, yaitu tahun depan.

Pentingnya Merencanakan Keuangan

Sebelum membahas tentang tips merencanakan keuangan, maka kamu harus paham terlebih dahulu apa saja yang menjadi alasan pentingnya merencanakan keuangan, baik jangka pendek maupun jangka panjang sebagaimana topik dari pembahasan kali ini. Berikut ini beberapa alasan pentingnya merencanakan keuangan.

  • Menjaga stabilitas keuangan

Alasan pertama mengapa merencanakan keuangan merupakan hal penting adalah menjaga stabilitas keuangan, karena hal tersebut menentukan kesejahteraan seseorang atau keluarga. Stabilitas keuangan adalah kondisi keuangan yang menunjukan kestabilan, sehingga tidak mengalami masalah finansial.

  • Efektifitas penggunaan uang

Uang dapat digunakan untuk kapanpun, untuk apapun dan dimanapun. Apabila tidak diatur dengan baik, maka akan memberikan dampak negatif. Misalnya, seharusnya sebagian uangmu digunakan untuk kepentingan pendidikan, namun ternyata sebagian itu malah digunakan untuk hal-hal lainnya yang tidak terlalu penting, maka ada masalah dalam efektivitas penggunaan uang.

Tips Merencanakan Keuangan Untuk Tahun Depan

Setelah memahami tentang pentingnya merencanakan keuangan, maka selanjutnya tulisan ini akan memberimu penjelasan tentang tips merencanakan keuangan untuk tahun depan, artinya sebuah perencanaan keuangan untuk jangka panjang, berikut ini penjelasan tentang tips perencanaan keuangan untuk tahun depan.

  • Membuat daftar kebutuhan bulanan

Tips pertama yang harus kamu lakukan agar dapat merencanakan keuangan untuk tahun depan adalah membuat daftar kebutuhan bulanan. Dengan begitu kamu akan tahu apa saja kebutuhan kamu di setiap bulannya, selain itu juga kamu akan tahu berapa pengeluaran yang harus kamu keluarkan setiap bulannya.

Kamu harus rincikan kebutuhan yang kamu butuhkan setiap bulannya, caranya adalah menghitung kebutuhan harian dan mingguan, kemudian jumlahkan, ditambah juga dengan kebutuhan yang harus kamu penuhi sebulan atau beberapa bulan sekali, urutkan kebutuhan secara sistematis agar mudah dipahami dan diidentifikasi.

  • Cari tahu harga dari setiap kebutuhan

Setelah kamu mengidentifikasi dan mencatat kebutuhan bulanan, maka kamu harus segera membuat anggaran keuangan bulanannya, kamu harus hitung dengan baik. Kamu bisa cari tahu harga atau biaya untuk setiap kebutuhan yang sudah kamu catat dengan cara mencari catatan pengeluaran sebelumnya atau observasi langsung tentang harga dan biaya kebutuhan.

Setelah kamu mendapatkan data-data tentang harga atau biaya kebutuhan yang harus kamu keluarkan setiap bulannya, maka selanjutnya kamu harus membuat anggaran bulanan secara rinci. Pastikan pencatatan yang kamu buat itu mudah dipahami, sehingga kamu punya gambaran berapa uang yang dibutuhkan untuk tahun depan.

  • Cek kembali daftar kebutuhan

Tips selanjutnya agar perencanaan keuangan untuk tahun depan bisa berjalan dengan lancara adalah kamu harus cek kembali daftar kebutuhan yang sudah dicatat. Analisis kembali apakah yang tercatat dalam daftar merupakan kebutuhan, atau mungkin sebagian dari itu ternyata adalah hanya keinginan saja.

Terkadang orang sulit membedakan kebutuhan dengan keinginan, itulah yang nantinya dapat menjadi masalah keuangan. Kamu harus selektif, pilihlah dan utamakan kebutuhan, kesampingkan dulu sesuatu yang bukan kebutuhan atau hanya keinginan saja.

  • Sisihkan uang untuk dana darurat

Setelah catatan perencanaan keuangan itu selesai kamu buat, maka kamu akan tahu berapa jumlah uang yang harus disiapkan setiap bulannya dan berapa total uang yang harus dikeluarkan selama satu tahun. Tips selanjutnya adalah sisihkan uang untuk dana darurat. Bukan hanya menyisihkan, akan tetapi juga harus kamu masukkan ke dalam catatan perencanaan.

Dana darurat dapat membantu menjaga stabilitas keuangan kamu, karena setiap orang tidak pernah tahu apa yang akan terjadi secara pasti di masa depan. Dana darurat berfungsi untuk menjaga stabilitas keuangan kamu ketika kebutuhan dan kepentingan mendesak tiba-tiba di masa depan dan mengancam keuanganmu.

Merencanakan keuangan untuk tahun depan adalah upaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan, selain itu juga dimaksudkan agar masalah keuangan di tahun depan sudah teratur dengan baik, sehingga kamu tidak akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan keuangan.

Itulah penjelasan tentang tips merencanakan keuangan untuk tahun depan, sebaiknya kamu benar-benar memahami penjelasan di atas agar dapat merencanakan keuangan untuk tahun depan dengan baik. Jangan sampai keuangan harus mendapatkan masalah dikarenakan kamu tidak punya perencanaan keuangan.