Tips Agar Menjaga Pengeluaran Bulanan Tetap Stabil

Salah satu dari banyaknya penyebab turunnya kestabilan kondisi pada keuangan yaitu kurangnya tekad pada mengelola keuangan maupun keenganan agar dapat menghemat biaya pada pengeluaran bulanan. Kemudian juga ketidakpahaman untuk membuat sebuah anggaran yang digunakan pada beberapa kebutuhan, menentukan tujuan pada keuangan serta perencanaan terhadap keuangan tersebut.

Seberapa banyak pendapatan bulanan yang diperoleh nantinya akan selalu menguap jika tidak diiringi oleh pengelolaan keuangan dengan baik dan bijak. Oleh karena itu, dari berbagai masalah keuangan yang sering dialami, untuk cara mengatasinya ternyata sangat sederhana, yaitu dengan belajar menghemat pengeluaran tersebut.

Dengan menghemat bulanan dapat diartikan jika kita mempunyai sisa margin melalui pendapatan yang diperoleh dari pendapatan bulanan, dan sisa tersebut dapat dimanfaatkan untuk digunakan dalam memenuhi berbagai kebutuhan di hari mendatang. Sebelum mencapai berbagai kebutuhan atau tujuan keuangan tersebut, langkah yang pertama harus diterapkan yaitu dengan cara berhemat.

Berikut ini beberapa cara dalam menjaga pengeluaran bulanan agar tetap stabil yang dapat diterapkan.

Membuat sebuah anggaran bulanan

Langkah pertama yang perlu diterapkan yaitu cobalah untuk membuat sebuah anggaran yang digunakan dalam memenuhi beberapa kebutuhan pada satu bulan lamanya. Kemudian tentukan berapa jumlah nominal uang yang diperlukan untuk kepentingan tersebut.

Apabila telah menerapkan anggaran tersebut, Anda dapat fokus pada anggaran tersebut secara khusu dalam memenuhi berbagai macam kebutuh, tidak lebih ataupun kurang. Dengan adanya anggaran bulanan tersebut, Anda dapat terpacu agar fokus untuk memenuhi kebutuhan yang Anda tetapkan dengan menyesuaikan anggaran dan membuat Anda pengeluaran bulanan dapat tetap stabil.

Hanya fokus terhadap kebutuhan pokok bukan keinginan

Langkah selanjutnya yaitu tentukan apa saja kebutuhan yang wajib dipenuhi untuk satu bulan, catat seluruh serta buatlah daftar jika diperlukan kemudian selalu mengutamakan kebutuhan yang memiliki kelanjutan contohnya seperti biaya sewa, anggaran untuk kebutuhan transportasi dan makan kemudian biaya listrik atau pulsa, hingga beberapa kebutuhan lain yang wajib dipenuhi.

Selain itu juga selalu hindari keinginan yang bukan menjadi prioritas contohnya seperti keinginan minum kopi pada setiap harinya, menonton bioskop, nongkrong, membeli suatu produk bermerek dan lainnya.

Selalu dapat memprioritaskan dalam membeli produk dengan harga lebih murah

Usahakan agar tidak berorientasi pada suatu merk akan tetapi pada kualitasnya. Jika kualitas dari beberapa merek tersebut sama saja, maka cobalah untuk selalu memprioritaskan suatu produk melalui harga yang murah. Ingat apabila tujuan Anda yaitu menghemat pengeluaran bulanan agar tetap stabil sehingga upayakan hal tersebut agar dapat berjalan dengan teratur. Oleh karena itu tidak perlu lelah hanya untuk membandingkan harga dari suatu produk.

Langsung menyisihkan uang dari pendapatan bulanan

Dengan menggunakan metode yaitu 60/20/20 dapat menjadi metode paling tepat untuk Anda agar dapat menyisihkan uang dari pendapatan, rinciannya yaitu sebanyak 60% digunakan dalam memenuhi kebutuhan utama, 20% untuk dana darurat dan sisanya untuk ditabung atau juga dapat diinvestasikan.

Oleh karena itu, Anda dapat mengetahui tingkat prioritas dari pendapatan yang diterima serta bagaimana cara agar pendapatan tersebut dapat disisihkan/dipecah untuk digunakan berbagai macam kebutuhan lainnya.

Mencatat setiap adanya pengeluaran

Rutin dalam mencatat pengeluaran dapat membantu Anda pada berbagai hal. Yang pertama, Anda dapat mengetahui pengeluaran yang dikeluarkan untuk keperluan yang memiliki jumlah paling besar sehingga Anda dapat meminimalisir jumlah pengeluaran yang digunakan untuk memenuhi keperluan tersebut.

Kemudian, Anda dapat memonitor terhadap arus kas yang Anda miliki setiap bulan. Dari berbagai macam pengeluaran, Anda juga dapat mengetahui apa saja yang perlu dijadikan prioritas, mengurangi kebutuhan yang tidak perlu serta mencari alternatif untuk menemukan suatu produk sejenis namun dengan harga yang lebih murah.

Anda juga dapat memakai bantuan dari beberapa aplikasi contohnya menggunakan cara tradisional seperti Microsoft Excel atau Google Spreadsheet. Anda juga dapat menggunakan aplikasi lainnya seperti Money Manager, Moneyfy atau MoneyLover.

Membuat rekening yang terpisah

Jika diperlukan dalam menerapkan pengeluaran bulanan yang stabil, maka buatlah suatu rekening secara terpisah yang kemudian tabunglah sesuai kegunaan dari rekening tersebut. Nantinya, rekening terpisah tersebut dapat Anda gunakan untuk dana darurat serta dana utama dalam memenuhi banyaknya tujuan finansial yang Anda miliki.

Cobalah untuk selektif dalam menentukan bank. Usahakan biaya per bulan pada rekening menjadi nominal saldo yang wajib mengendap kemudian biaya lain menjadi pertimbangan. Hal tersebut diperlukan agar dapat menghindari potongan-potongan nominal agar tabungan yang Anda miliki tidak terkuras.

Usahakan untuk tidak berhutang

Seperti apapun jenisnya, cobalah sebisa Anda agar tidak berhutang baik itu nominal kecil hingga besar. Contohnya yaitu seperti menghindari penggunaan pada kartu kredit yang dapat menguras pendapatan Anda hanya untuk digunakan dalam membayar cicilan bulanan beserta bunganya. Jika terpaksa berhutang, usahakan agar Anda ulet menghitung bunga serta biaya lainnya agar tidak membuat kondisi pada pengeluaran bulanan tidak stabil.