Tempat-Tempat untuk Berinvestasi Emas Secara Online

Saat ini aplikasi investasi emas sudah semakin marak di Indonesia sebagai bentuk respon makin tingginya minat para masyarakat dalam urusan investasi instrumen logam mulia satu ini. Harga dari emas yang selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya serta dapat bertahan dari gerusan inflasi menjadikan emas kerap dipakai sebagai sebuah lindung nilai.

Saat ini investasi emas juga sangat mudah, berinvestasi emas bukan hanya bisa dilakukan secara offline saja, seperti mendatangi toko emasnya langsung melainkan sekarang ini memungkinkan Anda melakukan secara online.

Anda dapat membeli serta menyimpan emas yang Anda beli lewat online di beberapa platform aplikasi penyedia layanan tersebut. Selain itu para investor juga dapat menjual emas yang mereka miliki lewat aplikasi ini. Berikut terdapat daftar aplikasi penyedia layanan investasi emas secara online.

1. Pegadaian Digital

Saat ini terdapat aplikasi pegadaian yang menjadi pelopor berinvestasi emas melalui online. Pihak pegadaian mempromosikan produk investasi emas mereka menggunakan sebutan  ‘menabung emas’. Untuk aplikasi tersebut dapat diunduh dengan sangat mudah menggunakan smartphone pribadi Anda. Aplikasi ini telah diunduh oleh pengguna lebih dari satu juta.

Mengenai uang pembuka rekening di Pegadaian Digital nol Rupiah dan biaya untuk penitipan emas juga nol Rupiah di satu tahun pertama penggunaan. Pembelian saldo emas minimal 50 ribu.

2. Tokopedia Emas

Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia turut menawarkan layanan berinvestasi emas. Untuk sistemnya tidak beda jauh dengan yang diterapkan oleh aplikasi pegadaian digital yang dibahas barusan, hal ini dikarenakan layanan investasi emas Tokopedia ini memang menjalin kerja sama oleh Pegadaian.

Penyimpanannya akan dilakukan oleh pihak Pegadaian, sedangkan Tokopedia penyedia platform investasinya sekaligus sebagai marketplace. Melakukan jual beli emas melalui Tokopedia juga terbilang mudah dan juga cepat.Berinvestasi emas di aplikasi Tokopedia bisa Anda cairkan kapan saja Anda mau

3. Shopee

Seperti halnya Tokopedia, marketplace seperti Shopee turut menawarkan layanan investasi emas lewat aplikasinya yaitu Shopee. Aplikasi ini juga bekerja sama dengan Pegadaian yang memiliki sistem penyimpanan emas.

Melakukan investasi emas di aplikasi Shopee juga dapat dilakukan dengan mudah serta dengan minimum top up yang tergolong kecil. Transaksi jual beli emasnya pun juga dapat dilakukan secara cepat, dan menyesuaikan harga jual beli emas dari pegadaian ketika melakukan transaksi tersebut.

4. Pluang

Pluang merupakan aplikasi yang menawarkan pengguna nya untuk melakukan investasi emas melalui digital sampai investasi mata uang cryptocurrency atau kripto. Pluang sendiri juga terafiliasi dengan aplikasi lainnya yakni Bukalapak, Gojek serta Dana.

5. Indogold

Berinvestasi emas juga dapat dilakukan pada aplikasi Indogold, dimana Indogold sendiri merupakan perusahaan investasi yang telah beroperasi dari tahun 1978. Pada aplikasi ini Anda akan ditawarkan opsi menabung emas dengan modal hanya 10 ribu saja. Investasi emas di aplikasi Indogold dapat dicairkan menjadi uang tunai atau dicetak berupa emas batangan. Untuk pembayaran investasi emas ini dapat dilakukan lewat berbagai jenis dompet digital seperti Go Pay, OVO, Shopee Pay, Link Aja, Dana sampai KlikBCA.

6. E-Mas

Pada aplikasi satu ini, investasi emas dapat dilakukan dari jumlah uang terkecil yaitu 10 ribu, dan bahkan para investor juga dapat mentransfer emas ke akun yang lain, mulai dari berat 0,02 gram. Pastinya, aktivitas transfer dilakukan dari sesama akun dari aplikasi E-Mas.

Selain itu aplikasi E-Mas ini juga memberi kemudahan kepada investor untuk melihat pergerakan nilai emas tiap harinya. Dengan ini para investor bisa mengetahui gambaran kapan sekiranya waktu yang pas untuk membeli serta menjual emas yang dimiliki.

7. BukaEmas

Aplikasi tersebut juga merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan layanan investasi emas yang ada di Bukalapak, dan menjadi salah satu marketplace populer dan terbesar di Indonesia. Untuk berinvestasi emas di aplikasi BukaEmas dapat Anda Lakukan dari nominal terendah yaitu 100 perak sampai 0,00001 gram emas.

Pihak BukaEmas turut menjalan sebuah kerjasama dengan Antam dan Indogold untuk memastikan tersedia back up emas secara fisik dari setiap pergerakan investasi emas yang terjadi di aplikasi tersebut.

8. Tamasia

Investasi emas pada aplikasi tersebut dapat dilakukan dengan jumlah terendahnya yaitu 10 ribu. Semua emas yang sudah diinvestasikan diklaim sudah di back up menjadi emas fisik. Tamasia turut menawarkan opsi transfer untuk sesama pengguna nya mulai dari 0,02 gram emas.

9. DANA eMAS

Investasi emas secara online berikutnya adalah DANA eMAS, Anda dapat membeli emas yang ada mulai 0,01 gram. Tapi para pengguna DANA jika ingin menggunakan fitur tersebut tentu harus memperbaharuinya terlebih dahulu akun DANA mereka menjadi DANA premium dengan syarat foto diri dan KTP.