Prospek Bisnis Neobank di Indonesia, Bergairah kah?

Neobank adalah Bank yang sepenuhnya beroperasi secara digital, peluang neobank di Indonesia dikatakan punya prospek bisnis yang cukup besar. Kehadirannya bertumbuh seiring berkembang pesatnya layanan digital di tengah masyarakat saat ini.

Apakah Neobank saingan atau ancaman bagi Bank konvensional? Pada dasarnya neobank mampu mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, termasuk bisa jadi angin segar bagi para pelaku UKM yang membutuhkan support dari perbankan.

Neobank bisa berkolaborasi dengan Bank konvensional, alih-alih menjadikannya ancaman maupun saingan dalam bidang finansial, sehingga dampaknya bisa berpengaruh terhadap ekonomi digital yang mampu bertumbuh seiring perkembangannya. Lantas, apa pemicu munculnya Neobank?

Kehadiran Neobank di Era Digital

Munculnya neobank dipicu oleh meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam hal layanan keuangan, terutama di masa pandemi yang hampir semua transaksi dilakukan secara digital, sehingga merubah pola dalam kebutuhan finansial.

Bank dengan model bisnis digital ini lebih tahan banting di situasi krisis seperti pandemi Covid-19 ini, karena Neobank cara beroperasinya secara eksklusif melalui sistem online, tanpa fisik tidak halnya seperti bank konvensional.

Kehadiran Neobank di Indonesia membuat masyarakat lebih efisien, karena setiap transaksi keuangan dilakukan melalui aplikasi secara online. Pemanfaatan teknologi digital inilah yang membuat penetrasi masyarakat terhadap neobank bertumbuh pesat.

Kemudahan dalam bertransaksi bisa dirasakan masyarakat dengan Neobank, meski begitu perihal aman atau tidaknya bertransaksi melalui bank digital ini, saat ini tengah dibuatkan regulasinya, sehingga keamanan data dan dana terjamin.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengenal Bank Digital, Transaksi Tanpa Tunai

neobank di Indonesia

Karakteristik Neobank di Indonesia

Neobank disebutkan akan menjadi model perbankan masa depan, dimana model bisnisnya dioperasikan secara digital. Dengan memanfaatkan layanan internet dan teknologi aplikasi, masyarakat modern bisa merasakan kemudahan dalam bertransaksi keuangan.

Karakteristik Neobank yang paling melekat adalah cara beroperasinya yang sepenuhnya secara digital tanpa perlu kantor cabang. Jadi, setiap transaksi keuangan dilakukan secara virtual atau online.

Pemanfaatan layanan internet dan aplikasi menjadi faktor bertumbuhnya Neobank di Indonesia. Seperti diketahui, saat ini hampir semua masyarakat sudah bisa menikmati layanan internet, begitu pula handphone sebagai tempat aplikasi bernaung.

Ekosistem bisnis secara digital saat ini mampu menumbuhkan penetrasi pasar yang tinggi, sehingga kehadiran Neobank di Indonesia bisa berpeluang tumbuh besar, karena bisnis digital mampu bertumbuh berkat adanya ekosistem di dunia digital.

Neobank Transaksi Tanpa Tunai

Neobank yang digadang-gadang menjadi pesaing Bank konvensional ini, sesungguhnya punya perbedaan dalam jenis transaksinya. Itu bukan berarti menjadi ancaman serius, bahkan bisa saja memunculkan kolaborasi yang saling menguntungkan, terlebih bagi para pelaku UKM.

Jenis layanan transaksi Neobank mengandalkan teknologi dan aplikasi, serta jaringan internet. Pasalnya bank digital ini tidak punya kantor cabang maupun kantor fisik, dimana beroperasinya secara digital.

Anda bisa melakukan transaksi tanpa uang tunai, hanya berbekal aplikasi yang terinstall di handphone sudah bisa menikmati layanan finansial ini, tidak perlu repot, karena bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Lantas, bagaimana dengan keamanan transaksi di Neobank?

Untuk mendukung keberlangsungan Neobank maka diperlukan regulasi yang pasti, kabarnya Pemerintah beserta Otoritas Jasa Keuangan tengah menyiapkan regulasi yang ditargetkan finalisasi aturan barunya hingga Juni 2021.

Soal keamanan data dan dana menjadi hal penting bagi Bank digital, sehingga harus menjadi perhatian khusus bagi pemangku kebijakan terkait bersama dengan pengguna serta pendiri Neobank. Sehingga mampu memberikan layanan keamanan digital secara penuh, serta dapat menghadirkan trust dan issue dari masyarakat.