Penjelasan Manajemen Keuangan Bisnis dan Manfaatnya

Ketika kamu mengelola sebuah bisnis sudah pasti harus serius dan juga gigi khususnya dalam masalah keuangan atau pengelolaan finansial dari perusahaan yang kamu rintis tersebut. Kamu perlu mempunyai pengetahuan yang baik mengenai cara untuk mengatur finansial usaha dengan benar supaya tidak bingung ketika mengelolanya.

Salah satunya yang masuk dalam pemahaman pengelolaan keuangan ketika kamu berbisnis adalah tidak boleh mencampur uang pribadi dengan uang hasil bisnis, dengan begitu nantinya kamu bisa mengetahui seberapa besar keuntungan yang diperoleh dan memiliki laporan keuangan yang jauh lebih terperinci dan juga rapi.

Pengertian dari manajemen keuangan bisnis

Manajemen keuangan adalah semua aktivitas atau kegiatan di perusahaan yang berhubungan dengan cara memperoleh pendanaan untuk modal kerja, bagaimana cara mengalokasikan atau menggunakan dana tersebut dan bagaimana cara untuk mengatur aset yang sudah dimiliki oleh perusahaan.

Dari ketiga hal tadi tentunya akan sangat berguna untuk meraih target yang sudah direncanakan ketika kamu pertama kali mendirikan perusahaan atau bisnis. Selain pengertian tersebut ada pula yang mengatakan jika manajemen keuangan merupakan satu bisnis manajemen dana yang berhubungan dengan usaha untuk mengumpulkan dana.

Hal tersebut berguna untuk pembiayaan investasi, manajemen bisnis juga adalah cara untuk pembelanjaan yang efisien dan dengan adanya manajemen keuangan masalah pengalokasian dana di berbagai investasi dapat dilakukan secara efektif.

Walaupun seorang yang dipekerjakan sebagai manajer keuangan mempunyai fungsi yang berbeda di setiap perusahaan namun prinsip utamanya adalah sebagai perencana mencari dan memanfaatkan banyak cara untuk memaksimalkan dana untuk pengoperasian perusahaan.

Dengan begitu dapat disimpulkan jika manajemen keuangan memiliki kepentingan dalam cara untuk menciptakan dan menjaga nilai-nilai ekonomis dari suatu bisnis. Di mana dalam setiap keputusannya haruslah difokuskan pada kesejahteraan para pekerja.

Tujuan dari manajemen keuangan bisnis

Manajemen keuangan bisnis tentunya memiliki tujuan tersendiri, berikut dibawah ini adalah beberapa tujuan dari manajemen keuangan yang harus diketahui :

  • Memaksimalkan keuntungan

Sebagai manajer keuangan tentunya tidak selalu bisa menjamin keuntungan untuk jangka waktu panjang karena di dalam bisnis memang tidak selalu pasti. Namun, dalam sebuah bisnis tentu akan memperoleh keuntungan maksimal untuk waktu yang panjang, ketika manajer keuangan yang dimiliki mampu memberikan keputusan yang tepat perihal keuangan secara bijaksana.

  • Menjaga cash flow

Perusahaan harus memiliki arus kas yang tepat untuk menutupi kebutuhan sehari-hari perusahaan seperti membeli bahan baku, membayar gaji staf, sewa, dll. Arus kas atau cash flow yang baik pasti akan meningkatkan kesuksesan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menjaga arus kas ini agar tetap positif.

  • Mempersiapkan struktur untuk modal usaha

Manajer keuangan harus dapat menentukan rasio antara pembiayaan sendiri dan pembiayaan pinjaman untuk mencapai keseimbangan. Untuk itu, perusahaan harus menyiapkan struktur permodalan.

  • Penggunaan dana bisnis yang tepat

Manajer keuangan harus dapat memanfaatkan keuangan dengan sebaik-baiknya dan perusahaan tidak boleh menginvestasikan keuangan perusahaan pada proyek-proyek yang tidak menguntungkan bagi perusahaan.

  • Memaksimalkan kekayaan

Sebagai pengelola keuangan, seseorang harus mampu memberikan dividen yang maksimal kepada para pemegang saham. Selain itu, ia juga harus bekerja keras untuk meningkatkan nilai pasar saham, karena nilai pasar saham berhubungan langsung dengan kinerja perusahaan.

  • Mempertahankan kelangsungan bisnis

Perusahaan harus mampu bertahan dalam persaingan dunia bisnis saat ini. Manajer keuangan harus berhati-hati dalam mengambil keputusan keuangan karena jika salah mengambil keputusan, perusahaan bisa bangkrut atau merugi.

Manfaat manajemen keuangan 

Pastinya keberadaan manajemen keuangan dalam sebuah bisnis memiliki manfaat yang sangat membawa pengaruh baik pada usaha tersebut. Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat yang diberikan oleh manajemen keuangan : 

  • Mampu mengendalikan keuangan

Manajemen keuangan merupakan satu divisi yang akan mengelola finansial bisnis agar terkendali dengan baik. Karena melihat apakah bisnis tersebut berjalan dengan baik atau tidak dapat terlihat dari pengelolaan keuangannya apakah mereka mampu menyimpan serta memanfaatkan dana secara efektif. 

  • Memaksimalkan penggunaan dana

Adanya manajemen keuangan akan membantu perputaran finansial menjadi lebih baik, selain itu mereka juga akan bisa memaksimalkan penggunaan dana yang dialokasikan kepada hal-hal yang memang akan memberikan keuntungan pada bisnis tersebut. 

  • Berinvestasi dengan aman

Adanya manajemen keuangan akan memberikan jalan kepada perusahaan untuk memperoleh uang atau dana dengan berinvestasi pada instrumen-instrumen yang tepat. Sehingga nantinya kamu bisa memperoleh keuntungan dari investasi yang dilakukan secara aman oleh manajer keuangan. 

  • Akan mampu menyakinkan para investor

Terakhir dengan kamu memiliki seorang manajer keuangan tentunya ia akan mampu meyakinkan para investor bahwa modal yang mereka tanamkan pada bisnis tersebut akan memberikan keuntungan yang maksimal.

Sehingga nantinya para pemegang saham tidak memiliki keraguan untuk menambahkan pembiayaan pada bisnis yang kamu miliki. Jika sudah begitu bisa dipastikan perusahaan tentunya memperoleh suntikan dana yang jauh lebih besar.

Itulah tadi informasi tentang manajemen keuangan bisnis beserta manfaatnya. Tentunya bagi kamu yang saat ini mempunyai bisnis/usaha, info ini akan sangat membantu agar usaha tersebut bisa terus berkembang dan memberikan keuntungan maksimal.