Metode Pengelola Keuangan yang Baik dan Benar

Finansial yang baik adalah dambaan setiap orang apalagi bila bisa mencapai merdeka finansial. Untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah pengelolaan keuangan yang baik dan konsisten. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, kita bisa mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Tidak sedikit orang yang akhirnya mengalami kebangkrutan hanya karena tidak pandai mengelola keuangan mereka sendiri. Ke”tidak balance”an neraca keuangan lambat laun akan menyeret kita menuju jurang kebangkrutan yang sangat berbahaya bagi kehidupan kita di masa depan. Perlu konsistensi dan juga disiplin yang kuat untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang baik.

Lalu bagaimana cara mengelola keuangan yang baik dan benar? Apa yang harus kita lakukan agar tidak terjerumus ke dalam jurang kebangkrutan? Mari kita simak metode pengelolaan keuangan yang baik dan benar agar mencapai finansial yang jauh lebih baik.

Metode pengelolaan keuangan yang baik dan benar

  • Rencana anggaran keuangan

Untuk memulai pengelolaan keuangan yang baik, buatlah rencana anggaran keuangan yang baik. Dimulai dari jumlah pemasukan hingga semua pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan tiap bulan. Dengan membuat list pengeluaran, kita bisa melihat dan menimbang apa saja yang dibutuhkan dalam jangka satu bulan. Setelah semua pengeluaran terlist dengan baik, kita bisa membandingkan pengeluaran dan pemasukan untuk melihat seberapa sehat kondisi finansial yang kita miliki. Apabila terlihat timpang, kita bisa review kembali pos-pos keuangan mana yang memungkinkan untuk dikurangi, ditunda ataupun dihilangkan untuk membuat neraca menjadi lebih balance. Rencana anggaran keuangan ini nantinya bisa jadi acuan finansialmu.

  • Membuat prioritas anggaran

Setelah muncul list pengeluaran rutin yang harus dibayar di setiap bulannya, kita bisa menetapkan skala prioritas dari semua pengeluaran yang ada. Prioritaskan pengeluaran wajib untuk dikeluarkan di setiap bulannya seperti tagihan-tagihan rutin untuk menghindari kemungkinan denda ataupun resiko gagal bayar ketika kita menunda pembayaran. Skala prioritas ini juga bisa kita pakai untuk memastikan dana yang kita keluarkan tepat sasaran dan mempermudah kita dalam mengatur keuangan setiap harinya. 

  • Catatan keuangan

Catatan keuangan dibutuhkan untuk mengelola keuangan. Dengan ada catatan keuangan kita bisa melihat rincian pengeluaran yang sudah kita keluarkan dan juga jumlah uang yang masuk sebagai penghasilan. Catatan pengeluaran ini bisa menjadi acuan di kemudian hari sebagai pertimbangan skala prioritas dari setiap pengeluaran. 

  • Menabung

Salah satu hal terpenting dari mengelola keuangan adalah menabung. Kita harus konsisten untuk menyisihkan dana yang alokasinya untuk ditabung. Kegunaan dari tabungan ini salah satunya sebagai dana tak terduga ataupun dana cadangan. Selain itu dengan menabung kita bisa mempersiapkan masa depan kita dengan lebih baik. Alokasikan sebagian dana yang bisa disisihkan dengan disiplin sebagai tabungan untuk menunjang kehidupan di masa depan kelak. Jadikan menabung menjadi salah satu prioritas dalam anggaran untuk mempersiapkan masa depan dengan lebih baik.

  • Hindari hutang

Salah satu yang bisa menjadi momok dari finansial adalah hutang. Dengan berhutang kita jadi menambah beban pengeluaran yang harus kita tanggung hingga jangka waktu yang sudah ditentukan. Terkadang kita memang terpaksa memang harus berhutang ketika kondisi finansial kita tidak mendukung saat ada kebutuhan mendesak. Ketika memang terpaksa harus berhutang, segeralah untuk melunasi hutang itu agar beban keuangan kita kedepan jauh lebih baik. Untuk menghindari hutang kita bisa memakai tabungan atau dana cadangan untuk menghandle kebutuhan mendesak tersebut.

  • Rencanakan masa depanmu

Coba bayangkan apa yang akan anda lakukan di hari tua. Seperti apa kehidupanmu kelak. Untuk merealisasikan semuanya itu kita harus mempersiapkannya sedini mungkin. Maksimalkan untuk menabung dan juga berinvestasi selagi kita masih produktif agar apa yang kita inginkan terjadi di hari tua kita bisa direalisasikan dengan kondisi finansial yang baik.

  • Investasi

Investasi adalah salah satu jalan untuk mempersiapkan masa depan kita kelak. Investasi memberikan keuntungan finansial yang akan terus bertambah seiring waktu. Banyak yang bisa dipilih untuk berinvestasi tapi perlu diingat bahwa investasi juga mempunyai resiko sehingga kita harus berhati-hati dalam memilih investasi yang tepat.

  • Dahulukan kebutuhan

Untuk mencapai finansial yang sehat kita harus bisa mengendalikan diri. Pastikan untuk selalu mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan. Dengan mendahulukan kebutuhan, kita bisa memangkas pos-pos pengeluaran yang tidak perlu dan mengalokasikan dananya untuk ditabung ataupun berinvestasi. 

  • Penghasilan tambahan

Apabila memang memungkinkan, cobalah untuk mencari penghasilan tambahan untuk menyokong penghasilan utama. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Dimulai dari menjual barang hingga menjual jasa dan keahlian yang kita miliki untuk menambah pundi-pundi uang yang kita miliki. Manfaatkan semua peluang yang ada untuk mendapatkan pemasukan yang lebih maksimal. 

  • Asuransi 

Salah satu yang bisa kita pertimbangkan adalah ikut asuransi. Dengan asuransi kita bisa mendapatkan perlindungan dan  juga jaminan  yang membuat kita bisa lebih tenang ketika ada hal buruk yang harus menimpa.  

Itulah metode pengelolaan keuangan yang baik untuk mengelola penghasilanmu agar bisa mencapai finansial yang baik. Butuh konsistensi dan juga disiplin dalam menjalankan pengelolaan keuangan tersebut agar kondisi finansial menjadi lebih baik.