Mengenal Pagu dalam Keuangan dan Jenis-Jenisnya

Apakah kamu termasuk orang yang biasa merencanakan keuangan? Jika iya, maka mungkin kamu juga sudah memahami istilah pagu? Apabila kamu belum paham apa itu pagu, maka tulisan ini akan membantumu memahaminya. Pagu sebenarnya bisa saja sudah kamu kenal secara implementasinya namun mungkin belum paham dalam teorinya.

Keuangan merupaka suatu hal yang pentimg bagia setiap orang, kamu tidak dapat mengatur keuangan dengan baik apabila belum paham tentang istilah pagu, baik pengeluaran pribadi, organisasi, lembaga atau perusahaan. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan pagu? Berikut ini penjelasan lengkap yang harus kamu ketahui seputar pagu, simak dengan baik.

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Pagu dalam Keuangan

Agar kamu dapat memahami pagu dengan baik, maka kamu harus tahu pengertian pagu, tujuan pagu dan manfaat pagu dalam keuangan. Dalam ilmu ekonomi terutama manajemen keuangan, istilah pagu sudah tidak asing lagi, begitupun kamu yang berorganisasi, biasanya dalam organisasi juga ditentukan pagu dalam keuangan organisasi.

Namun apabila kamu benar-benar belum memahami penjelasan seputar pagu, maka kamu bisa membaca tulisan ini sampai paham seputar pagu, dari mulai pengertian, tujuan dan manfaat pagu. Berikut ini penjelasan lengkap tentang pengertian, tujuan dan manfaat pagu, simak dengan baik sampai kamu paham.

  • Pengertian pagu dalam keuangan

Dalam menjalani kehidupan, termasuk organisasi, perusahaan dan lembaga apapun, maka mengatur keuangan adalah hal penting yang tidak dapat ditinggalkan. Nah, pagu adalah bagian dari kegiatan mengatur keuangan terkait anggaran, baik anggaran pemerintah, lembaga, perusahaan atau organisasi.

Mengatur keuangan artinya merencanakan dan mengatur segala sesuatu terkait keuangan, salah satunya adalah tentang pengeluaran. Nah, pagu adalah upaya menentukan batas pengeluaran anggaran dalam sebuah perusahaan, lembaga maupun organisasi, yang semua itu tidak dapat lepas dari masalah keuangan.

  • Tujuan adanya pagu dalam keuangan

Setelah memahami pengertian dari pagu, maka selanjutnya kamu harus pahami juga tujuan diadakannya pagu dalam keuangan lembaga, organisasi ataupun perusahaan. Sebagaimana dijelaskan bahwasanya pagu adalah upaya membatasi pengeluaran, dimana perusahaan, lembaga dan organisasi memberikan batas pengeluaran tertentu berkaitan dengan anggaran.

Maka dari itu tujuan dari pagu adalah menjaga stabilitas keuangan, dengan cara mengatur batas pengeluaran, sehingga anggaran akan lebih efektif dalam pengalokasiannya. Dengan pagu, maka pengeluaran tidak akan berlebihan dan merugikan perusahaan, organisasi atau lembaga tersebut.

  • Manfaat pagu dalam keuangan

Setelah membahas tentang tujuan dari pagu dalam urusan keuangan berkaitan dengan pengeluaran, maka selanjutnya kamu harus pahami apa saja manfaat pagu dalam keuangan bagi perusahaan, lembaga maupun organisasi. Apa manfaatnya? Berikut ini penjelasannya.

Salah satu manfaat dari pagu dalam keuangan adalah meminimalisir resiko kerugian yang dapat dialami oleh perusahaan, organisasi maupun lembaga yang diakibatkan oleh pengeluaran yang tidak teratur atau sembarangan. Selain itu, pagu juga bermanfaat agar pengeluaran dapat dialokasikan dengan tepat.

Itulah penjelasan seputar pagu dalam keuangan, dari mulai pengertian, tujuan dan manfaat pagu dalam keuangan baik perusahaan, lembaga atau organisasi. Setelah memahami ketiga penjelasan di atas, maka selanjutnya kamu harus pahami juga beberapa jenis pagu dalam keuangan, berikut ini penjelasannya.

Jenis-Jenis Pagu dalam Keuangan

Sebagaimana sudah dijelaskan bahwa pagu adalah ketentuan yang ditetapkan terkait batas pengeluaran anggaran dalam urusan keuangan baik pemerintah, lembaga, organisasi mau pun perusahaan, maka selanjutnya kamu harus ketahui bahwa pagu juga memiliki beberapa jenis. Iniliah beberapa jenis pagu dalam keuangan.

  • Pagu indikatif atau pagu perkiraan anggaran

Jenis pagu yang pertama adalah pagu indikatif, sederhananya pagu indikatif adalah pagu perkiraan anggaran. Perkiraan tersebut tidak bersifat spekulatif, akan tetapi berdasarkan pada evaluasi anggaran dan inisiatif baru tentang anggaran. Jumlah anggaran ditentukan dalam bentuk perkiraan, kemudian batasan pengeluaran ditentukan.

  • Pagu kredit atau pagu pinjaman

Jenis pagu yang kedua adalah pagu kredit atau pagu pinjaman, dimana pihak peminjam menentukan batasan dana yang akan dipinjamkan kepada pihak pemohon. Jenis pagu yang satu ini biasanya dilakukan oleh perusahaan pinjaman uang atau oleh pihak perbankan kepada nasabahnya, dimana data yang digunakan adalah kapasitas nasabah dalam membayar kredit.

  • Pagu pembayaran pinjaman

Jenis pagu yang ketiga atau terakhir ini juga berkaitan dengan pinjam meminjam yang biasanya dilakukan oleh perusahaan perbankan. Pagu pembayaran adalah syarat peminjaman uang yang ditetapkan oleh pihak perbankan dan telah ditentukan pula batas tertingginya, sehingga nasabah tidak dapat meminjam uang melebihi batas yang sudah ditentukan, dan pembayarannya juga diatur batasnya.

Itulah beberapa penjelasan seputar pagu dalam keuangan, mulai dari pengertian, tujuan dan manfaat pagu dalam keuangan, serta juga jenis-jenis pagu dalam keuangan yang harus kamu ketahui. Dengan memahami pagu, maka kamu akan paham seberapa pentingnya mengatur keuangan dengan baik.