Mengenal Bank Digital, Transaksi Tanpa Tunai

Di era teknologi digital kehadiran Bank digital menjadi primadona baru dalam kegiatan perbankan, dimana layanan perbankan sepenuhnya dijalankan secara virtual. Perkembangan teknologi yang tumbuh pesat inilah yang mengharuskan segala bentuk layanan perbankan bergeser menggunakan aplikasi dan teknologi digital.

Layanan bank digital adalah layanan atau kegiatan perbankan dengan memanfaatkan sarana elektronik atau digital milik bank, dimana calon nasabah atau para nasabah melakukan segala kegiatan perbankan secara mandiri melalui media digital.

Bank digital memberikan pelayanan kepada nasabahnya seperti bank konvensional, namun dari cara mengurus pelayanannya dilakukan secara mandiri, dengan memanfaatkan aplikasi perbankan yang bisa diaksesĀ  di ponsel, inilah yang membedakan bank digital dan bank konvensional.

Layanan bank digital mampu menjawab semua kebutuhan, dalam hal ini adalah transaksi keuangan di tengah pembatasan sosial akibat imbas pandemi. Nasabah melakukan setiap transaksi dan mengakses layanan keuangan bisa langsung melalui ponselnya.

Sejumlah bank konvensional saat ini tengah mempersiapkan masuk ke era bank digital, pertumbuhan penggunaan teknologi ponsel dan internet yang besar menjadi salah satu munculnya layanan bank digital, dibarengi cara masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan secara online.

Kelebihan Layanan Bank Digital

Layanan bank digital memberikan banyak kelebihan yang ditawarkan, hal ini dipicu berkat kemudahan dalam mengakses layanan perbankan melalui ponsel, setiap transaksi keuangan maupun layanan perbankan bisa diakses langsung secara online. Berikut kelebihan layanan bank digital :

  1. Nasabah tidak perlu datang ke bank, setiap transaksi dan layanan perbankan bisa diakses lewat ponsel
  2. Efisiensi waktu dan tenaga, sesibuk apapun masih bisa melakukan transaksi keuangan dengan mudah dan cepat
  3. Dapat diakses dimana saja dan kapan saja, tidak perlu antri yang banyak menghabiskan waktu dan biaya
  4. Mengurangi penggunaan kertas, tidak perlu mengisi dokumen berlembar-lembar hanya akses satu aplikasi saja
  5. Keamanan dan kenyamanan, layanan bank digital memberikan kenyamanan dalam proses transaksi

Baca Artikel Selanjutnya : Prospek Bisnis Neobank di Indonesia, Bergairah kah?

bank digital

Kelebihan layanan bank digital lainnya, yaitu cara memperoleh informasi maupun melakukan komunikasi bisa dilakukan langsung dari ponsel, hingga memperoleh informasi lainnya di luar produk perbankan seperti nasihat keuangan, investasi dan kebutuhan lainnya dari nasabah bank.

Bank digital memungkinkan nasabah bisa melakukan transaksi perbankan, melakukan registrasi, pembukaan rekening dan penutupan rekening. Aktivitas layanan tersebut bisa langsung diakses melalui aplikasi di ponsel.

Syarat Mendirikan Bank Digital

Dalam merespon perkembangan teknologi yang serba cepat, sehingga melahirkan layanan bank digital ini. Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah berupaya membuat regulasi pendirian bank digital, sehingga aspek keamanan data nasabah bisa terjamin.

Salah satu syarat jika ingin mendirikan bank digital adalah wajib memiliki satu kantor, kemudian punya skema model bisnis yang jelas, diimbangi dengan kemampuan teknologi informasi, mitigasi serangan digital, hingga pengelolaan perlindungan data nasabah.

Aspek lainnya yang perlu ditekankan adalah modal minimum pendirian bank digital, dimana harus punya modal minimum Rp 10 triliun. Pada proses akuisisi dari bukan bank maka modal minimumnya Rp 3 triliun, jika akuisisi dilakukan dalam satu kelompok bank maka model minimum cukup Rp 1 triliun.

Bank digital bukanlah suatu ancaman bagi bank konvensional, bahkan bisa menciptakan kolaborasi yang mampu melayani masyarakat baik secara online maupun offline. Saat ini bank konvensional pun sudah ada yang melayani nasabahnya secara digital, kemudahan dalam bertransaksi dan mengakses layanan perbankan cukup hanya lewat aplikasi.

Kunjungi: Senyumku.com