Mau Sukses Investasi di Usia 20-an? Bisa Banget!

Memasuki usia 20-an, berarti anda sudah harus mulai untuk selalu memikirkan dan memperhitungkan setiap akan memulai suatu hal atau kegiatan karena rencana yang matang akan membuahkan hasil yang lebih maksimal. Memasuki usia 20-an, kaum milenial dituntut untuk berinovasi dan mengembangkan diri agar mendapatkan pemasukan yang tidak hanya berasal dari pemasukan tetap saja. Ini menjadi hal yang menarik untuk dikulik bagi mereka yang menyukai tantangan dan belajar hal-hal baru.

Banyak sekali tokoh milenial yang sukses dalam dunia investasi saham di usianya yang masih 20-an, contohnya adalah Andika Sutoro Putra yang sukses menjadi trader saham di usia yang masih 24 tahun. Andika menuturkan bahwa orang-orang terkaya di dunia banyak menginspirasi dan mengajarinya rahasia menjadi trader saham yang sukses, salah satunya adalah untuk terus menambah nilai investasi. Setelah 9 tahun bertahan dengan investasi saham, ia bisa mengumpulkan total kekayaan lebih dari 40 miliar. Keren banget!

Jenis investasi apa sih yang cocok buat kaum milenial?

1. Investasi Emas

Investasi jenis ini sangat populer di masyarakat karena cara nya yang sangat mudah untuk dilakukan. Investasi emas ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berinvestasi tapi dengan resiko yang rendah dan tahan terhadap inflasi. Kalau dibandingkan dengan investasi jenis lain, emas tergolong investasi yang paling mudah untuk dicairkan. 

2. Deposito Berkala

Investasi deposito juga cocok untuk kamu yang sedang ingin memulai investasi dengan resiko kerugian yang rendah. Hampir sama dengan tabungan, deposito memiliki pilihan jangka waktu tertentu jadi uang yang didepositokan tidak dapat dicairkan sebelum jatuh tempo. Mengenai bunganya, biasanya relatif tinggi dari tabungan biasa jadi bisa kamu pilih sebagai opsi investasi karena menguntungkan.

3. Reksa Dana

Kamu pasti tidak asing dengan istilah investasi yang satu ini, bagi calon investor yang punya modal kecil pilihan investasi jenis ini sangat cocok dipilih karena bisa dilakukan dengan modal mulai dari 50 ribu. Kecil bukan? Sistem dari investasi reksa dana yaitu dana yang terkumpul dari para investor akan dikelola oleh manajer investasi. Resiko kerugian dan keuntungan akan dibagi secara rata kepada semua investor. Jangan lupa untuk memilih perusahaan investasi yang tepat, yang mana perusahaan tersebut punya reputasi dan bisa diandalkan!

4. Surat Berharga Negara

Investasi ini menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup diminati masyarakat karena tidak hanya menguntungkan untuk negara tapi juga menguntungkan untuk para investornya baik perusahaan maupun individu. Jenis dari investasi ini sangat beragam seperti Obligasi Ritel Indonesia atau ORI, Saving Bonds Ritel atau SBR, dan Suku Ritel. Jangan lupa untuk update jadwal pemesanannya ya sobat!

5. Saham

Tentang yang satu ini kamu pasti sudah sering denger, iya kan? Investasi saham adalah bukti kamu turut memberikan modal di dalam sebuah perusahaan atau badan usaha sehingga kamu akan memiliki bukti kepemilikan atas perusahaan tersebut. Selanjutnya kamu akan mendapatkan pembagian hasil atau biasa disebut deviden secara berkala. Meski besar keuntungannya tak terbatas, namun resiko dalam investasi ini juga tinggi karena harganya yang naik turun setiap saat.

6. Properti

Untuk jenis investasi yang satu ini, membutuhkan modal yang besar untuk perawatan dan membayar pajak. Tetapi investasi ini menjanjikan keuntungan yang besar karena kenaikan harganya yang signifikan setiap tahun. Resikonya sangat kecil namun pencairannya juga butuh waktu karena butuh effort untuk menjualnya.

Strategi Sukses Berinvestasi Sejak Dini

Jenis investasi di atas cocok untuk kamu loh anak milenial! Tapi juga dibutuhkan strategi yang tepat agar investasimu bisa sukses. Kamu bisa gunakan beberapa tips di bawah kalau mau sukses berinvestasi,

1. Membuat Rencana Jangka Panjang

Jangan lupa untuk membuat plan ya sobat sebelum berinvestasi, karena dengan perencanaan yang matang tujuanmu akan tercapai di waktu yang kamu inginkan. Kamu akan tahu besaran dana yang harus kamu keluarkan dan jenis investasi yang akan kamu ambil.

2. Rencanakan Nominal Dana Investasi

Sebelum berinvestasi, jangan lupa untuk memastikan kebutuhan pokok kamu terpenuhi ya sobat dan 20-40% sisa dari pemasukan bisa kamu investasikan.

3. Pilih Produk Investasi yang Sesuai

Ambil produk investasi sesuai dengan tujuan yang ingin kamu capai. Perhatikan risiko dan kesanggupan dana investasimu ya sobat milenial!

Daripada uang yang kamu miliki kamu gunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, lebih baik kamu gunakan untuk berinvestasi ya sobat agar kamu bisa bebas finansial di masa tua karena hasil keringat dan investasi mu di masa muda. Trik di atas bisa kamu terapkan kalau kamu pengen sukses di usia 20-an. Jangan lupa untuk selalu belajar tentang investasi dari buku atau website website terpercaya ya sobat biar kemampuan dan levelmu bisa terus naik!