Keuntungan dan Kerugian dari Berinvestasi Emas yang Harus Diketahui

Emas adalah sebuah logam mulia yang sangat diminati oleh kalangan masyarakat saat ini. Bentuknya yang menarik, membuat perhiasan yang satu ini berhasil mengambil perhatian banyak orang sebab dianggap sebagai barang investasi yang menjanjikan dan bisa memberikan keuntungan untuk para pemiliknya. 

Tak heran, sebab investasi emas mempunyai banyak keuntungan terlebih lagi karena harganya yang setiap hari melonjak. Hal tersebut sangat jelas dapat memberikan keuntungan untuk para pemiliknya, terutama jika selisih harga beli dan jualnya sangat besar. 

Telah menjadi rahasia umum jika masyarakat Indonesia menjadikan emas sebagai sebuah investasi yang akan dipetik hasilnya pada masa yang akan datang. Berbagai macam model emas sangat diminati, seperti bentuk dinas, batangan dan juga perhiasan. Namun, dapat juga berbentuk tabungan yang berguna untuk biaya pendidikan, naik haji, kesehatan, membeli rumah dan lainnya. 

Simak ulasan lengkapnya mengenai keuntungan dan kerugian berinvestasi emas berikut ini. 

Keuntungan Berinvestasi Emas

1. Memiliki sifat mudah untuk dicairkan 

Menjadi keuntungan yang pertama dan sangat menggiurkan dalam hal berinvestasi, karena jenis dan bentuk investasi lain mempunyai sifat yang tidak mudah untuk dicairkan atau hanya bisa dicairkan pada waktu-waktu tertentu saja. Lain halnya dengan emas ini yang memberikan kebebasan untuk para pemegang sehingga bisa mencairkannya ke dalam bentuk uang tunai. 

Cara nya juga sangat mudah sekali, jadi kamu tidak perlu repot dan juga menghabiskan waktu yang banyak untuk hal ini. 

2. Bebas pajak 

Berbeda dengan mempunyai saham di sebuah perusahaan tertentu. Keuntungan yang bisa didapatkan dari berinvestasi pada sebuah perusahaan tentu saja tidak bisa langsung dinikmati oleh pemegang salah dari perusahaan tersebut. Karena, untuk mendapatkan keuntungan ini juga biasanya akan dikenakan pajak. Mempunyai emas menjadi barang investasi merupakan sebuah pilihan yang tepat jika kamu tidak ingin dikenakan pajak.  

3. Dapat melindungi nilai kekayaan 

Karena adanya nilai yang naik setiap tahunnya, maka emas cocok sekali jika dianggap sebagai investasi yang sangat mampu untuk melindungi kekayaan dari seseorang. Perlindungan investasi emas untuk kekayaan seseorang bisa dilihat dari harga yang selalu stabil dan terus mengalami kenaikan.

Sehingga saat dijual kembali, para pemegangnya akan mendapatkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya. 

Keunggulan lainnya dari berinvestasi emas ini yaitu kamu tidak lagi harus melakukannya dengan jumlah yang besar, misalnya membelinya dalam bentuk sebuah perhiasan. Tentunya investasi ini mempunyai banyak sekali keuntungan lainnya dengan hasil yang menggiurkan. 

Jelas sekali jika saat ini ada banyak toko emas yang bermunculan untuk bisa menarik perhatian masyarakat sampai mereka yang hidup di level ekonomi kalangan terbawah, yaitu dengan cara menjual jenis dari emas mudah yang harganya dianggap lebih mudah daripada emas tua. 

Walaupun demikian, tidak semua jenis investasi terlihat sempurna. Di balik keunggulan dan juga manfaat yang lebih pada investasi emas ini, tetap saja ada beberapa kelemahan yang bisa jadi tidak banyak diketahui oleh sejumlah orang. Salah satunya yaitu adanya resiko penipuan dengan alasan investasi emas yang dilakukan oleh sejumlah pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Penipuan ini sudah banyak dilakukan pada beberapa tahun terakhir ini. Banyak perusahaan bodong yang mencari orang yang tidak memiliki pengetahuan banyak tentang emas dan memintanya untuk menabung emas dengan di iming-imingi keuntungan yang sangat besar. 

Kelemahan berinvestasi emas

emas

1. Resiko kehilangan sangat tinggi 

Hal ini menjadi salah satu resiko pertama jika kamu berinvestasi emas, apalagi jika emas tersebut kamu gunakan setiap hari. Resiko ini muncul karena banyaknya kejadian perampokan emas yang terjadi apalagi emas yang digunakan sangat mencolok. 

Investasi emas batangan juga memiliki resiko untuk bisa dicuri. Oleh karena itu, biasanya orang yang berinvestasi emas ini akan bersedia untuk membayar sewa safe deposit box yang menjadi fasilitas pada sebuah bank untuk dapat menyimpan emas, berkas ataupun barang berharga lainnya. 

2. Dampaknya sangat kecil untuk ekonomi Riil 

Mempunyai investasi emas tidak dapat memberikan banyak kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi secara riil. Karena jika keuntungan yang dipunya cenderung akan digunakan untuk kepentingan pribadi dari para investor walaupun beberapa diantaranya menggunakan keuntungan ini untuk kebutuhan pembelanjaan yang dapat membantu menumbuhkan ekonomi. 

3. Harganya fluktuatif

Walaupun harga emas memang selalu meningkat setiap tahunnya, tetapi peningkatan tersebut tidak terjadi setiap hari. Emas juga terkadang mengalami penurunan pada harga jual dan juga kadang mengalami kenaikan. Perubahan tersebut akhirnya dapat mempersulit para investor emas untuk bisa menghitung keuntungan yang akan didapatkannya. 

Itu tadi ulasan mengenai keuntungan dan juga kerugian berinvestasi emas yang harus kamu ketahui terlebih dahulu jika kamu ingin melakukan investasi ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.