Kenapa Dolar Amerika Serikat Menjadi Acuan Mata Uang Dunia?

Sampai saat ini Dolar Amerika Serikat menjadi acuan mata uang dunia. Tidak heran jika banyak negara yang ada di dunia ini menjadikannya cadangan devisa. Indonesia menjadi salah satu negara yang memakai dolar dan emas menjadi cadangan devisa. Maka apa alasan yang menjadi faktor penyebab Dolar Amerika Serikat tersebut sangat berpengaruh pada perekonomian dunia? Berikut penjelasannya.

Menjadi mata uang yang sangat stabil

Alasan pertama dari kenapa dolar dijadikan mata uang internasional sebab memiliki pergerakan yang sangat stabil. Apabila dibandingkan dari banyaknya jenis mata uang di beberapa negara maju, dolar memiliki nilai tukar yang tinggi walaupun pergerakannya stabil.

Gross Domestic Product Amerika Serikat yang sangat besar

Dolar Amerika Serikat tidak akan memiliki peranan sevital ini pada perekonomian dunia apabila Amerika Serikat bukan negara dengan GDP terbesar. Pada tahun 2016 GDP Amerika Serikat dapat mencapai 18,57 triliun jika dibandingkan dengan GDP Indonesia hanya mencapai sekitar 932,3 miliar USD.

GDP tersebut mencerminkan kekuatan pada perekonomian sebuah negara. Dengan semakin tingginya volume transaksi dari lintas negara serta GDP yang dimiliki suatu negara maka akan semakin tinggi juga permintaan dari negara lain pada mata uang dolar Amerika Serikat.

Dikarenakan Amerika Serikat merupakan negara industri terbesar yang ada di dunia, tidak heran apabila banyak negara membutuhkan mata uang tersebut untuk mengimpor berbagai barang produksi  yang berasal dari Amerika Serikat.

Mempunyai kekuatan militer paling besar

Dolar AS juga sering digunakan sebagai cadangan devisa sebab memiliki nilai yang stabil. Penyebab tersebut tidak hanya dikarenakan oleh perekonomian dari Amerika Serikat yang besar akan tetapi juga karena minimnya risiko dalam perekonomian yang ada di negara tersebut.

Jadi wajar saja jika ancaman yang dapat mengganggu sangat sedikit termasuk ancaman pada keamanan, sebab Amerika Serikat adalah negara yang memiliki kekuatan besar dalam militer. AS juga menjadi salah satu dari lima negara yang merupakan anggota tetap pada Dewan Keamanan PBB sebab banyak dari berbagai kalangan merasa lebih aman jika menyimpan dolar Amerika Serikat.

Negara pemenang dari perang dunia kedua

Amerika Serikat adalah negara pemenang dari peperangan dunia kedua. Melalui hasil tersebut memiliki dampak penting pada kekuatan mata uang. Alasannya yaitu, AS terlibat pada pemulihan negara-negara yang hancur diakibatkan oleh perang dunia dengan cara menggelontorkan dana bantuan yang berupa dolar. Hal tersebutlah yang menjadi sebuah tonggak bagi dolar yang membuatnya diterima di berbagai negara.

Kestabilan pada Pemerintahan dan Politik

Permintaan terhadap dolar AS juga banyak datang dari investor valuta asing. Dolar AS dianggap merupakan mata uang stabil dikarenakan oleh cerminan pada politik serta pemerintahannya. Negara yang memiliki pemerintahan tidak stabil juga memiliki mata uang sendiri namun nilai tukarnya sering naik dan turun. Contohnya seperti negara di afrika yang mengalami suatu inflasi besar yaitu Zimbabwe.

Negara Amerika Serikat sampai masa pemerintahan dari Donald Trump yang memiliki banyak kontroversi tetap saja dipandang menjadi negara dengan sistem pemerintahan stabil sebab nilai-nilai demokrasi yang sudah lama tertanam sejak dahulu.

Tips agar untung berinvestasi Dolar Amerika Serikat

Seperti yang telah dijelaskan diatas mengenai permintaan penggunaan dolar AS tidak hanya berasal dari para pelaku impor maupun pemerintahan akan tetapi juga melalui perorangan yang hendak berinvestasi. Dolar tentu saja dapat mendatangkan keuntungan dengan cara memanfaatkan selisih pada harga jual belinya.

Sekarang ini juga terdapat berbagai kebijakan yang telah mengatur pembelian terhadap valuta asing dimana hal tersebut juga berlaku pada pembatasan pembelian mata uang dolar dengan maksimal 25.000 USD dalam 1 bulan yang sebelumnya sampai 100.000 USD pada 1 bulan.

Apabila ingin membeli dolar dengan melebihi ketentuan maksimum dari jumlah tersebut, maka pembeli harus mempunyai underlying transaksi. Walaupun memiliki potensi yang menarik, berinvestasi valas tidak dapat dilakukan sembarangan. Apabila salah, dapat memungkinkan investor tersebut mengalami kerugian. Agar dapat menghindari kerugian tersebut dan sukses berinvestasi berikut beberapa cara yang dapat diterapkan.

  • Membeli dolar ketika sedang turun

Investor sering kali rutin dalam membeli dolar. Tujuannya yaitu agar saat harga sedang turun tidak mengalami sebuah kerugian dikarenakan dolar yang dibeli tersebut memiliki harga yang bervariasi. Akan tetapi jika harga dolar sedang turun, investor harus membelinya sebanyak mungkin.

  • Memiliki target untung rugi

Jangan serakah apabila hendak sukses bermain valas. Agar tidak terjebak pada emosi sesaat, maka buatlah patokan keuntungan juga kerugian. Contohnya, selalu menjualnya ketika telah mendapatkan keuntungan 30%.  Tidak mempunyai patokan untung dapat membuat Anda terkecoh karena terus menahannya terlalu lama, bisa saja harga tukar dolar tersebut sudah turun.