Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berinvestasi

Berkembangnya teknologi informasi dan juga penempatan dana yang dari kebanyakan masyarakat memiliki uang untuk ditabung di Bank, sekarang ini banyak yang sudah beralih ke salah satu strategi keuangan yaitu Investasi.

Namun masih banyak masyarakat yang belum tahu manfaat dari investasi ini, pada dasarnya masih banyak yang takut jika uangnya digunakan untuk investasi maka bisa jadi akan hilang, selain itu belum banyak perusahaan asuransi yang bisa mengcover kerugian dari investasi.

Investasi saham merupakan menanamkan sejumlah modal dengan nilai tertentu oleh perorangan atau perusahaan yang melalui suatu lembaga dan mendapatkan aset, penghasilan dari penanaman modal sebagai upah pemegang saham.

Biasanya keuntungan atau laba yang diperoleh dengan investasi saham terhitung ketika sudah berjalannya bisnis yang dikelola oleh perusahaan tersebut dan data yang diberikan sesuai dengan perputaran saham perusahaan yang dikelola, lalu dilaporkan kepada pemegang investasi dengan jangka waktu atau periode tertentu.

Investasi pada dasarnya memiliki tujuan utama yaitu membeli waktu Anda di masa depan, hal ini dikarenakan tidak selamanya seseorang itu akan produktif untuk mencari uang sehingga investasi memang menjadi salah satu cara untuk mengembangkan keuangan di masa depan, lalu investasi ini juga dibagi menjadi beberapa jenis seperti investasi jangka panjang, menengah dan investasi jangka pendek.

Jenis Jenis Investasi

  1. Investasi Jangka Panjang

Tujuan dari investasi jangka panjang ini biasanya digunakan oleh masyarakat yang tujuan investasinya diatas 10 tahun, biasanya investasi yang digunakan adalah investasi pendidikan, pembiayaan aset untuk anak, dana pensiun, properti dan lain sebagainya.

Semakin lama periode investasinya maka akan memiliki banyak pilihan dengan resiko yang cukup bervariasi seperti resiko rendah, moderat dan resiko tinggi, untuk investasi jangka panjang saat ini masih didominasi oleh investasi logam mulia atau emas dan juga properti.

  • Investasi Jangka Menengah

Investasi selanjutnya adalah ketika seseorang memiliki tujuan berinvestasi antara 3 tahun hingga 10 tahun kedepan, biasanya jenis investasi ini didominasi oleh orang yang memiliki tujuan finansial disesuaikan dengan pendapatan per bulannya, seperti reksadana, obligasi hingga saham dengan harapan keuntungan dari investasi tersebut bisa digunakan paling tidak 5 tahun mendatang.

  • Investasi Jangka Pendek

Jenis investasi terakhir yang paling sering digunakan oleh investor pemula adalah investasi jangka pendek karena investasi ini berlangsung hanya dibawah 3 tahun saja.

Investasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan juga wajib menggunakan manajemen risiko yang baik, seperti fluktuasi nilai aset yang stabil dengan likuiditas yang tinggi sehingga mudah untuk dikonversikan menjadi cash. misalnya bisa mencoba investasi mata uang Kripto, deposito bank dan juga investasi logam mulia.

Jenis investasi ini tidak disarankan untuk berinvestasi di saham karena saham akan memiliki fluktuasi yang tinggi dalam jangka waktu pendek maka saham belum tentu dapat menguntungkan.

Perhatikan Hal Di Bawah Ini Sebelum Berinvestasi

Berkembannya teknologi informasi juga membuat banyak orang sadar akan pentingnya memiliki investasi masa depan, akan tetapi masih ada beberapa orang yang kurang memahami literasi keuangan sehingga membuat orang salah dalam menanamkan modal investasinya, lalu apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi? simak uraiannya dibawah ini ya

  • Memiliki Tujuan Investasi

Hal yang penting dimiliki sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia investasi yaitu memiliki tujuan, jika tidak memiliki tujuan investasi maka keuangan yang Anda gelontorkan akan sia-sia tanpa berkembang menjadi keuntungan.

  • Memiliki Target Untuk Mencapai Tujuan Investasi

Target investasi harus memiliki periode waktu yang terbatas, mengapa demikian? supaya Anda tahu kemana arah tujuan dana yang digunakan untuk investasi, jumlah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dan juga return tinggi yang harus didapat berjalan dengan keinginan Anda. untuk mencapai target yang baik maka Anda harus pintar membaca peluang kondisi pasar dan kondisi ekonomi saat ini.

  • Mempelajari Jenis Investasi

Ada beberapa jenis investasi yang sudah dijelaskan juga di atas yaitu investasi jangka pendek, menengah dan panjang. hal ini juga perlu Anda perhatikan karena akan berpengaruh pada manajemen keuangan yang Anda gelontorkan pada suatu produk investasi, selain itu juga nilai aset yang dijadikan investasi juga harus dipikirkan secara matang supaya jika sudah menentukan jenis investasi yang Anda minati tidak menjadi menggali lubang kerugian pada finansial.

  • Mempelajari Produk Investasi

Produk investasi saat ini sangat banyak ragamnya, mulai dari investasi kecil seperti mata uang kripto hingga investasi besar seperti membeli saham suatu perusahaan terkenal di dunia, hal ini menjadi bagian yang paling krusial bagi banyak investor karena harus mengetahui produk investasi yang dipilih, jangan asal pilih atau hanya mengikuti orang lain, karena jika tidak yakin dengan produknya akan membuat banyak kerugian finansial.

Nah itu dia penjelasan yang harus diperhatikan sebelum Anda meyakinkan diri untuk berinvestasi, investasi yang baik adalah investasi yang Anda yakini bisa mendapatkan keuntungan namun juga harus mengerti proses dan berapa jangka waktu terbaik untuk mendapatkan return tinggi.