Gaji UMR Mau Investasi Saham, Bagaimana Caranya?

Untuk bisa berinvestasi tidak perlu harus memiliki modal yang besar, terdapat beberapa tips berinvestasi saham untuk para karyawan yang gajinya UMR. Arti yang kita ketahui bila investasi penting sekali supaya Anda memperoleh pendapatan tambahan dan tidak harus bekerja atau biasa disebut dengan passive income.

 Apalagi di zaman modern seperti sekarang, telah banyak masyarakat yang mulai melirik investasi. Tetapi, masih banyak pula yang mengatakan jika untuk memulai berinvestasi, ada wajib mempunyai pendapatan yang besar. Lalu, bagaimana bila masih mempunyai gaji UMR? Apakah bisa berinvestasi?

 Untuk itu, kami akan membahas bagaimana cara untuk berinvestasi bagi para karyawan yang masih mempunyai penghasilan perbulannya. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Tips Berinvestasi untuk Karyawan

Saat ini telah banyak sekali instrumen investasi yang mengeluarkan modal sedikit saja. Kan, bila Anda masih memiliki pendapatan UMR pendapat mencoba ke dunia investasi ini. Tidak hanya untuk bekerja saja, mahasiswa juga telah dapat menggunakan investasi saham, lho!

 Banyak sekali yang suruh main prestasi yang saat ini semakin mempermudah investor pemula. Apabila Anda telah mempunyai tujuan dan tekad yang kuat untuk mulai berinvestasi, maka Anda dapat menabung uang receh mulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu per harinya. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berinvestasi saham untuk karyawan.

1. Pilih indeks saham LQ45

Langkah pertama untuk memulai investasi yaitu Anda tidak harus mengeluarkan dana besar. Hal yang paling penting itu mulailah dari saham yang stabil dan mempunyai likuiditas tinggi. Pada bursa efek, terdapat beberapa jenis indeks populer di kalangan investor.

 Apabila Anda masih pemula dan ingin mencoba dengan dana yang kecil, ada baiknya Anda memilih saham indeks LQ45 yang dipakai guna memantau dan mengukur Performa dari 45 saham dengan kapitalisasi pasar yang besar dan likuiditas yang tinggi. Selain itu, umum ya fundamental perusahaan pada indeks yang satu ini pun sangat baik.

2. Fokus ke dua perusahaan saja

Beberapa orang mungkin menganggap pembeli saham di sejumlah perusahaan public menjadikan kinerja dan juga performa investasi saham sangat baik. Hal tersebut tentu saja tidak salah, tapi jika modal Anda yang masih sedikit, ada baiknya Fokuslah di dua perusahaan publik saja.

 Anda perlu memilih perusahaan yang mempunyai reputasi stabil dan baik, contoh biasanya seperti perusahaan di bidang perbankan atau customer goods. Untuk harga saham nya pun sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 1000 per lembarnya. Tetapi ada pula yang menjual lebih murah daripada harga tersebut.

Mengapa hanya fokus di dua perusahaan saja? Jawabannya yaitu guna menghindari resiko yang dapat merugikan Anda secara besar besaran. Bila Anda terlalu banyak berinvestasi pada perusahaan dan pada waktu yang bersamaan perusahaan tersebut mengalami penurunan, maka kerugian akan Anda terima sangat besar.

3. Beli IHSG ketiga melemah

Tips selanjutnya yaitu Anda harus memperhatikan waktu saat membeli saham. Di sini, Anda perlu cerdas saat melihat pergerakan saham dan juga mengetahui keadaan di pasar saham. Dengan demikian, Anda dapat memprediksi waktu yang tepat untuk berinvestasi.

 Saat pasar dalam keadaan normal, Anda dapat mulai berinvestasi. Lalu, ketika IHSG sedang melemah, itulah menjadi waktu yang tepat Anda membeli saham sebab harganya sangat murah. Tetapi, untuk menjual nya lagi, ada baiknya Anda menunggu keadaan pasar stabil atau ketika harga saham sedang tinggi-tingginya

4. Pilih perusahaan saham terpercaya

Memilih perusahaan saham yang terpercaya merupakan Langkah yang sangat bijak. Karena itu, Anda perlu mengetahui izin dan juga legalitas dari perusahaan tersebut apakah mereka mempunyai izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau tidak.

 Apabila perusahaan tersebut telah memiliki izin dan juga legalitas dari OJK, maka Anda dapat memilih perusahaan tersebut. Jangan lupa pula Anda memastikan perusahaan tersebut bisa memberikan transparansi akan biaya investasi saham. Yang berarti, perusahaan tersebut mempunyai kebijakan yang terbuka dan jelas tentang biaya yang harus dibayar oleh nasabah.

5. Gunakan aplikasi saham online

Langkah terakhir yaitu Anda bisa memakai aplikasi investasi saham secara online yang tepat. Karena pada zaman sekarang aplikasi mempunyai peranan yang sangat penting untuk kehidupan, termasuk saat Anda ingin berinvestasi saham. 

Dengan memakai aplikasi tersebut, maka Anda bisa dimudahkan untuk memilih saham yang tepat dari perusahaan terpercaya. Jangan lupa untuk mengecek legalitas dari aplikasi yang ingin Anda gunakan. Hal ini dilakukan juga untuk menghindari penipuan yang saat ini marak terjadi di Indonesia.

 Demikianlah, ulasan mengenai tips investasi untuk para karyawan yang memiliki gaji UMR. Semoga beberapa tips di atas bisa membantu Anda untuk mulai berinvestasi demi masa depan yang terjamin. Selamat mencoba!