Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Secara Online

Cara untuk meningkatkan penjualan secara online merupakan salah satu ulasan yang sering dicari di jejaring sosial sekarang ini. Menurut pakar pembangunan dan perdagangan PBB sektor e-commerce sukses mengalami peningkatan pesat di seluruh aspek penjualan ritel, dimana yang dari awal hanya 16% naik menjadi 19% di tahun 2020. Meningkatnya persentase ini juga dipengaruhi oleh melonjaknya aktivitas online di tengah pandemi berlangsung.

Nah, maka dari itu jangan pernah melewatkan peluang tersebut serta terus mencoba untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda dengan efektif dan efisien. Terkait cara yang perlu ANda lakukan, dibawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar bisa meningkatkan penjualan bisnis online.

1.       Mengetahui Target Bisnis Anda

Agar memastikan Anda memilih keputusan yang tepat terkait produk serta aktivitas penjualan online yang akan dijalankan, tentu pertama harus memahami terlebih dahulu target yang akan menjadi pelanggan Anda.

Gunakan berbagai macam tool analisis serta sistem POS (Point of Sale) agar bisa mengidentifikasi pola serta preferensi pembelian dari para pelanggan.

2.       Mencari Tahu Bagaimana Pelanggan Menemukan Toko Online Milik Anda

Tips meningkatkan penjualan bisnis online selanjutnya yakni mencari tahu tentang bagaimana para customer menemukan toko milik Anda. Cara sederhananya dapat dengan memakai tool, misalnya Google Analytics, untuk mengidentifikasi pelanggan, akhirnya melakukan transaksi pembelian di toko online, dapat menemukan toko online tersebut.

3.       Buatlah Toko Anda Terlihat Unik

Anda bisa coba pikirkan, apa kira-kira ciri khas yang dapat ditawarkan dari toko Ada, namun hal tersebut tidak bisa ditemukan ditempat lain? Hal ini bisa dari cerita dari balik toko online Anda, atau produk yang memang langka, atau dari diri Anda pribadi yang membuat toko tersebut menjadi terlihat unik. Ketika Anda sudah mengetahui apa yang bisa membuat toko Anda lain daripada yang lain, setelah itu Anda hanya perlu menyusun strategi digital marketing yang efektif.   

4.       Mempermudah Proses Pembelian

Buatlah proses pencarian sampai pembelian pada toko online milik Anda semudah mungkin untuk pelanggan. Sebab kebanyakan kasus, online shop yang memiliki customer experience rumit tentu akan membuat para calon pelanggan cuma mengakses situsnya saja dan setelah itu pergi untuk membeli ditempat lain. Pada bagian ini, hal yang biasanya perlu diperbaiki yakni fitur pencarian pada situs web, halaman checkout, dan navigasi produk.

5.       Memperbaiki Layanan Pelanggan

Cara meningkatkan penjualan di bisnis online berikutnya yaitu memperbaiki sektor layanan pelanggan di online shop Anda. Sebab bagaimanapun, para pelanggan ini pasti akan begitu menghargai yang memiliki customer service yang terpercaya dan tanggap. Menurut riset ada sebanyak 84 persen responden menyatakan layanan pelanggan merupakan faktor utama saat memutuskan membeli produk sebuah toko online.

6.       Menyediakan Fitur Chat pada Situs Web

Para pelanggan tentu akan sangat memerlukan fitur chat sebagai wadah berkomunikasi antara mereka dengan Anda sebagai pemilik toko online tersebut. Oleh sebab itu, jika Anda tidak mempunyai fitur chat, segera lengkapi di situs web Anda sendiri. Sertakan juga fitur penjawab chat otomatis agar bisa memberi tahu para pelanggan kapan pesan mereka akan dibalas.

7.       Buat Proses Checkout Sesederhana Mungkin

Selanjutnya terkait tips meningkatkan penjualan online yakni membuat proses checkout menjadi lebih sederhana. Misalnya, Anda dapat menawarkan pilihan guest checkout supaya pelanggan bisa membeli barang Anda tanpa perlu mendaftar akun dahulu. Setelah itu, pastikan juga teks pada halam checkout simpel atau ringkas, yang penting fungsinya tetap sama.

8.       Pilihlan Platform E-Commerce Terbaik

Berikutnya, Anda harus memilih yang mana kiranya platform yang cocok dan terbaik, tentunya yang mempunyai proses serta fitur manajemen yang sederhana supaya para pelanggan bisa dengan mudah menemukan toko online milik Anda. Alhasil, Anda akan mempunyai lebih banyak waktu luang untuk terus mengembangkan bisnis online, tanpa perlu terbebani lagi dengan urusan pengembangan fitur.

9.       Terapkan Teknik SEO

Sebuah penelitian menyatakan bahwa pencarian dapat menghasilkan 65 persen dari seluruh lini penjualan di toko online. Itu berarti, bila Anda ingin toko Anda bisa dilihat oleh target pasar, bantu mereka agar bisa dengan mudah menemukan lewat halaman pencarian. Maka dari itu, SEO solusinya.

10.   Lebih Aktif di Sosial Media

Media sosial bisa menjadi wadah yang paling ampuh untuk bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda secara online. Anda harus aktif di media sosial dengan membagikan konten menarik kepada para calon pelanggan dan melakukan secara konsisten. Mulailah membagikan video atau gambar dengan kualitas terbaik dari seluruh produk yang Anda ingin tawarkan kepada target pasar yang ada di media sosial, secara tidak langsung Anda sedang melakukan promosi gratis dan termudah untuk bisnis yang Anda jalankan.