Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji Pas-pasan

Gajian adalah hal yang paling ditunggu oleh para pekerja. Hasil jerih payahnya bisa terbayar dengan jumlah nominal yang sudah disepakati pasti akan sangat menyenangkan. Apalagi bila sudah membayangkan apa saja yang akan dibeli atau keranjang belanjaan yang akan di checkout setelah mendapatkan uang gaji. Bila kita mempunyai gaji yang besar, pasti akan menyenangkan untuk belanja ini dan itu. Bagaimana jadinya bila ternyata gaji yang kita miliki hanya pas-pasan? 

Tidak perlu berkecil hati bila gaji yang kita miliki pas-pasan. Yang harus kita lakukan adalah disiplin dalam mengatur keuangan. Dengan mengatur keuangan dengan baik, kita bisa memanfaatkan gaji yang minim dan pas-pasan dengan baik.

Apa saja sih yang harus kita lakukan untuk mengatur keuangan kita yang pas-pasan? Yuk kita simak beberapa cara untuk mengatur keuangan dengan gaji yang pas-pasan.

Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji Pas-pasan

  • Mencatat semua pemasukan dan juga pengeluaran keuangan

Hal yang paling pertama kamu harus lakukan adalah mencatat semua pemasukan dan juga list pengeluaran rutin dan wajib yang harus kamu bayar setiap bulannya. Dengan membuat catatan pemasukan dan pengeluaran, kamu bisa memastikan apakah uang yang masuk bisa mencukupi semua pengeluaran yang harus dibayar setiap bulannya. 

Dengan membuat list pengeluaran, kita bisa melihat pos mana yang memang benar-benar harus didahulukan dan mana yang bisa dikurangi atau bahkan di skip agar bisa mengurangi beban pengeluaran rutin bulanan. 

  • Buat batasan budget

Buatlah batasan budget untuk setiap kebutuhanmu. Dengan membatasi budget bulanan, kamu bisa belajar untuk lebih mengontrol diri untuk membeli sesuatu karena budget yang ada sudah dibatasi. Dengan budgeting, kita jadi bisa menyisihkan uang untuk menabung ataupun dana cadangan sehingga uang itu bisa membantu ketika ada situasi yang mendesak dan membutuhkan biaya dadakan.

  • Bayar kewajiban rutin dahulu

Pastikan untuk membayar kewajibanmu dahulu sebelum melakukan pengeluaran lain. Hal itu bisa menghindarkanmu dari kemungkinan denda bila terlambat membayar ataupun menghindari kekhilafan ketika ingin membeli sesuatu. Setelah membayar semua kewajibanmu, sisihkan dulu uang untuk menabung baru setelahnya uang sisanya baru bisa dibelanjakan untuk kebutuhan kita. 

  • Tentukan alokasi pengeluaran

Setelah semua kewajiban terbayar dan juga menyisihkan dana untuk menabung, tentukan alokasi pengeluaran dan pisahkan antar pos seperti uang belanja, uang transportasi, uang makan dan juga pos-pos yang lain untuk lebih mendisiplinkan diri. 

  • Membuat daftar belanja

Untuk menghindari membeli barang-barang yang tidak terlalu penting yang pada akhirnya akan membebani keuanganmu, buatlah daftar belanja untuk membatasi apa yang akan kamu beli. Dengan adanya daftar belanja kamu akan lebih fokus ketika berbelanja.

  • Manfaatkan promo

Untuk lebih menghemat pengeluaranmu, manfaatkan setiap promo yang ada. Di supermarket hingga toko online banyak sekali promo yang bisa dimanfaatkan ketika berbelanja. Dengan memanfaatkan promo kita bisa lebih berhemat dalam pengeluaran ketika berbelanja. Tapi ingat tetap disiplin dalam berbelanja. Jangan membeli barang yang tidak perlu ketika menemukan promo menarik.

  • Utamakan kebutuhan

Hal yang terpenting dari semua itu adalah utamakan dulu kebutuhan dibanding dengan keinginan. Pertimbangkan semua barang yang ingin dibeli, apakah itu karena kebutuhan? Atau hanya karena keinginan? Tunda membeli barang apabila memang bisa ditunda untuk menghemat pengeluaran karena penghasilan yang pas-pasan. 

Kita bisa menunda untuk membeli barang yang kita inginkan dan jadikan itu sebagai motivasi dalam menabung agar lebih giat dan fokus untuk menabung.

  • Tentukan komitmen dan tujuan keuanganmu kedepannya

Kita semua pasti punya impian untuk masa depan kita. Jadi untuk membangun masa depan yang lebih baik mulailah berkomitmen dan tentukan tujuan keuanganmu agar bisa meraih impian kita di masa depan. Teruslah konsisten dengan komitmen itu untuk mencapai tujuan keuangan yang sudah dipilih. Tujuan keuangan bisa menjadi motivasimu dalam menabung dan juga menahan diri untuk membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan. 

  • Cari tambahan penghasilan

Apabila memungkinkan, carilah sumber penghasilan tambahan untuk menambah penghasilan rutin setiap bulannya. Kita bisa memilih sumber penghasilan lain yang sebisa mungkin tidak mengganggu sumber penghasilan utamamu. Kita bisa menjual sesuatu yang berhubungan dengan hobi yang bisa menambah penghasilan, kita juga bisa menjual makanan atau pernak-pernik,  atau kita bisa menyediakan jasa yang mungkin bisa dibayar oleh orang lain sehingga kita bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari situ. Bahkan bila kita memiliki kendaraan pribadi kita bisa mencoba mendaftar sebagai ojek online untuk memanfaatkan waktu senggang yang ada.   

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan dengan gaji yang pas-pasan. Gaji yang pas-pasan bukan berarti kita bisa membeli barang yang kita inginkan. Dengan menabung dan berkomitmen kita bisa mengatur keuangan kita menjadi lebih baik dan juga membeli barang yang kita inginkan dengan lebih disiplin.