Cara Investasi Saham ala Orang Terkaya di Dunia

Tidak menutup kemungkinan bahwa investasi saham saat ini sangat diminati oleh beberapa kalangan khususnya anak muda. Namun banyak juga yang takut akan memulai investasi karena pengetahuan akan dunia investasi yang sangat sedikit. 

Buat kamu yang ingin melakukan investasi saham, kamu bisa meniru cara investasi saham ala orang terkaya di dunia saat ini. Diantaranya :

Elon Musk

Siapa yang tidak tahu Elon Musk. Seorang CEO dari SpaceX dan Tesla, yang baru baru ini sempat menghebohkan perjagatan dunia karena dengan gamblangnya membeli twitter. 

Menurut Elon Musk, 

  • Cara membeli saham,

supaya investasi sahammu dapat berjalan dengan baik, kamu perlu berinvestasi kepada perusahaan yang jasa dan produknya dapat dipercaya.

  • Cara menjual saham

Jual sahammu hanya pada saat tren akan jasa dan produk dari perusahaan tersebut telah menurun.

  • Apa yang harus dilakukan jika pasar saham memburuk?

Namun, apabila pasar saham telah memburuk. Kita tidak perlu langsung ikut panik. 

Dengan pola seperti itu, Elon Musk menjamin bahwa investasi tersebut nantinya akan dapat memberikan keuntungan-keuntungan dalam jangka sangat Panjang.

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa Elon Musk sudah resmi mempunyai saham twitter. Dimana dia beli dengan harga $44miliar atau setara dengan Rp 634triliun. Tapi ternyata tidak lama setelah dia membeli saham twitter, dia menjual sahamnya yang ada di Tesla dengan nominal hampir $4miliar atau setara dengan Rp 58triliun.

Warren Buffet

Untuk kamu yang tidak tahu siapa itu Warren Buffet. Warren Buffet adalag seorang investor yang mampu dan bahkan sangat handal dalam hal berinvestasi yang dia lakukan di berbagai perusahaan sehingga menjadikannya masuk didalam daftar orang-orang terkaya di dunia. 

Warren Buffet merupakan seorang investor yang amat sangat teliti dan telah mempunyai pertimbangan yang sangat baik didalam menentukan jenis-jenis investasi yang akan dilakukannya.

Investasi ala Warren Buffet tentu saja dapat kamu jadikan panduan karena beberapa orang diluar sana banyak yang menerapkan cara berinvestasi saham ala Warren Buffet ini.

  1. dalam berinvestasi, biasanya Warren Buffet akan melakukan investasi kepada perusahaan yang nilainya tidak akan terlalu diperhitungkan oleh orang lain,
  2. Saat Warren Buffet melakukan investasi disebuah perusahaan, maka dia akan menjadi seorang pemilik perusahaan tersebut dengan cara berhemat dan berinvestasi dengan tidak langsung memberikan seluruh uang. Warren buffet akan menginvestasikan uangnya sedikit demi sedikit untuk jangka Panjang di perusahaan tersebut,
  3. Disaat berinvestasi saham, jangan pernah sekalipun berpikir dapat menjadi orang yang kaya dengan waktu yang sangat singkat. Investasi saham membutuhkan sebuah dedikasi dan kesabaran untuk tetap konsisten supaya investasi kamu dapat menghasilkan secara optimal,
  4. Buat daftar atau list untuk kriteria akan saham yang kamu inginkan,
  5. Investasikan saham untuk industri atau perusahaan yang kamu kenal dan percayai,
  6. Jangan pernah melakukan investasi jika kamu tidak yakin atau tidak ingin,
  7. Kamu perlu mengikuti atau selalu mengecek perusahaan yang telah kamu investasikan,
  8. Juallah sahammu di saat dan waktu yang tepat.

Cara Investasi Saham ala Orang Terkaya di Dunia

Jeff Bezos

Tahu Jeff Bezos bukan? Dia merupakan founder Amazon. Tentu tidak perlu diragukan lagi jika kita mendengar kata Amazon. Amazon didirikan pada tahun 1994 dan terletak di garasinya sendiri di Amerika Serikat yang tepatnya di Seattle. Dengan melakukan investasi dan strategi yang tepat, akhirnya memberikan dia hasil seperti sekarang ini dan masuk jajaran top salah satu orang terkaya di dunia.

Selain Amazon, investasi utama yang dimiliki oleh Jeff adalah Ekspedisi Bezos dan Nash Holding. Selain itu ada Twitter, Airbnb, Washington Post, dan UBER (Uber Technologies).

Investasi ala Jeff Bezos yang dapat kamu jadikan panduan, adalah :

  • Temukanlah peluang bagus didalam keadaan yang krisis,

Seperti pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia dan banyak perusahaan akhirnya mengalami kebangkrutan dan memecat seluruh karyawannya, berbeda dengan Jeff Bezos. Dia justru membuka kesempatan dengan mempekerjakan banyak karyawan baru. Hal ini justru menyebabkan peningkatan dalam penjualan dan semakin menarik investasi dengan alur kerjanya.

  • Ketahui apa yang orang lain pikirkan,

Lakukankanlah analisis dan penelitian yang menghasilkan sesuatu yang relevan mengenai apa yang sedang menjadikannya suatu pemikiran yang umum hingga akhirnya mendapatkan kesimpulan publik.

Dengan mengidentifikasi mengenai benar salahnya pendapat mayoritas tersebut, kamu dapat membuat pilihan dan melakukan investasi supaya mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

  • Fokus dan jelas,

Investasi secara fokus dan jelas adalah kunci utama yang menjadikan investor sukses besar sekalipun di pasar yang sangat kompetitif. Hal tersebut dapat membantu didalam melakukan sebuah analisis dan penelitian yang sukses dengan mengikuti tren yang ada di pasar.

  • Filosofi yang jelas,

Untuk dapat menjadi investor yang sukses, penting halnya untuk memiliki filosofi jelas dan tentunya tetap dipegang teguh.

  • Investasi dalam jangka Panjang.

Jeff Bezos adalah orang yang mempercayai akan investasi dalam Jangka Panjang.