Cara Daftar BLT UMKM Online Gratis, Begini Caranya!

Dalam rangka merangsang Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada tahun 2021, Pemerintah kembali menggulirkan program bantuan langsung tunai bagi para pelaku UMKM. Cara Daftar BLT UMKM online dan offline dapat dilakukan oleh masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan, untuk menunjang usahanya yang terkena imbas pandemi.

BLT UMKM menjadi salah satu bantuan yang keberadaannya sangat dinantikan oleh para pelaku UMKM yang terdampak pandemi, dengan program ini diharapkan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat yang terdampak.

Untuk mengajukan bantuan BLT UMKM terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi. Sebelum melakukan pendaftaran, yuk siapkan syarat-syaratnya terlebih dahulu, sebagai data penunjang untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Syarat-syarat BLT UMKM

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat untuk mendapatkan bantuan BLT UMKM, yaitu sebagai berikut :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Memiliki usaha mikro
  4. Bukan PNS, TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD
  5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
  6. Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha berbeda bisa melampirkan Surat Keterangan Usaha atau SKU.

Setelah memenuhi persyaratan diatas, anda bisa mengajukan pendaftaran BLT UMKM yang bisa dilakukan secara perorangan melalui lembaga pengusul.

Baca Artikel Selanjutnya : Analisis Peluang Usaha Bagi Pemula Sebelum Memulai Bisnis

Cara daftar BLT UMKM online

Cara Daftar BLT UMKM Online

Cara daftar BLT UMKM online saat ini belum tersedia, calon penerima bantuan harus diusulkan oleh lembaga pengusul yang terdiri dari :

  1. Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM
  2. Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum
  3. Kementerian/Lembaga
  4. Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.

Cara daftar BLT UMKM saat ini masih secara offline, dimana anda bisa mengusulkan kepada pihak terkait untuk mendapatkan bantuan tersebut. Tidak menutup kemungkinan, nantinya daftar BLT UMKM bisa dilakukan secara online.

Cek dan Pencairan Dana BLT UMKM

Sebelum mencairkan dana BLT UMKM, pastikan anda sudah lolos atau diterima sebagai penerima bantuan tersebut. Cara mengecek sebagai penerima dana bantuan ini cukup mudah, bisa melalui website e-form BRI, dinama BRI sendiri merupakan bank yang ditunjuk sebagai penyalur dana BLT UMKM.

Cara cek bantuan BLT UMKM melalui website e-form BRI :

  1. Masuk ke laman resmi https://eform.bri.co.id/bpum
  2. Setelah masuk akan muncul dua kolom yang harus diisi yakni nomor KTP dan kode verifikasi
  3. Isi kedua kolom tersebut
  4. Klik tombol “Proses Inquiry”
  5. Jika terdaftar sebagai penerima sesuai dengan NIK yang didaftarkan, maka akan muncul pemberitahuan di laman tersebut.

Setelah lolos sebagai penerima dana BLT UMKM, selanjutnya melakukan proses pencairan yang bisa dilakukan di Bank BRI, kemudian siapkan dokumen yang diperlukan seperti :

  1. Buku tabungan
  2. Kartu ATM dan KTP
  3. Surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) dan kuasa penerima dana banpres

Proses pencairan dana BLT UMKM hanya bisa dilakukan oleh penerima langsung, sekaligus verifikasi data di bank tempat pencairan dana bantuan tersebut. Apabila tidak ada verifikasi maka dana akan ditarik dan dikembalikan ke pemerintah.

Cara daftar BLT UMKM online masih belum bisa dilakukan. Meskipun demikian, masih bisa daftar secara offline melalui lembaga pengusul. Dengan adanya bantuan sosial ini, sangat membantu perekonomian bagi para pelaku UMKM di masa pandemi.

Bantuan dana BLT UMKM sedianya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terdampak pandemi, sebagai bentuk stimulus dalam merangsang pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Apakah anda termasuk yang sudah mendapatkan bantuan BLT UMKM? Semoga bermanfaat dan pandemi cepat berakhir.