Bolehkah Mengerahkan Semua Tabungan Untuk Modal Bisnis?

Membangun sebuah bisnis kadang memerlukan modal awal yang cukup banyak. Akan tetapi, tuntutan akan modal usaha tidak mengharuskan seorang pelaku usaha menghabiskan seluruh tabungannya. Berbagai riset dan para pakar dunia usaha beranggapan bahwa dari sisi finansial tentu modal menjadi hal yang sangat penting di dunia bisnis. Namun, antisipasi terhadap potensi terjadinya sebuah kegagalan juga wajib diperhitungkan.

Mau Anda lulusan SMA atau sarjana tentu tidak dapat memulai usaha tanpa modal. Namun, harus diingat orang banyak stress ketika bisnis mereka bangkrut. Ada juga yang menerimanya dengan lapang dada, ada yang ingin bunuh diri dan lain sebagainya.

Lantas, Berapa Besaran Modal Bisnis yang Ideal ?

Seperti contoh, seandainya Anda memiliki uang tabungan sekitar 50 juta, tentu jangan digunakan semuanya untuk modal bisnis. Sekali bisnisnya gagal. Besar kemungkinan Anda akan stress atau bahkan punya pemikiran untuk bunuh diri.

Mengeluarkan modal bisnis tidak melulu harus besar, pastinya harus menyesuaikan oleh kemampuan finansial Anda. Sehingga ketika Anda memulai sebuah bisnis Anda masih memiliki cadangan uang yang cukup.

Misalnya, apabila Anda menyimpan uang tabungan 50 juta maka yang digunakan untuk modal bisnis sekitar 10 sampai 25 juta. Sekalipun gagal, Anda tidak terlalu panik sebab masih memegang dana cadangan.

Jadi, mulailah usaha dari yang kecil dulu. Seperti bisnis online yang saat ini sedang gencar-gencarnya. Dulu orang berpatokan jika orang kaya adalah mereka yang memiliki pabrik. Tapi saat ini pemilik pabrik tidak semuanya lebih kaya dibanding pemilik bisnis digital.

Sekalipun pada prosesnya merasa kekurangan finansial tentu masih bisa menjalin partnership. Finansial dapat menjadi sebuah kelebihan dan kekurangan. Jika tidak memiliki dana maka carilah partnership yang memiliki uang. Nah, untuk semakin membuat pemikiran Anda terbuka, sebaiknya ketahui hal-hal yang harus disiapkan sebelum memulai suatu bisnis tertentu.

Hal yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Membangun Bisnis

Memiliki modal bisnis pastinya adalah hal utama yang perlu disiapkan oleh siapapun yang ingin memulai bisnis. Berbicara tentang modal, tidak sedikit orang yang langsung berpikir mengenai investasi bentuk modal lain yang bisa diukur oleh materi. Pemikiran seperti ini sebetulnya tidak salah, memulai bisnis baru memang memerlukan dana yang kadang tidak sedikit. Namun, terdapat beberapa hal yang tidak kalah penting selain uang itu sendiri yang wajib Anda ketahui dan miliki sebelum memulai suatu bisnis tertentu.

1.       Mengetahui Target Pasar

Di dalam suatu bisnis tertentu, pastinya akan ada barang atau jasa yang dipasarkan. Maka dari itu, sebaiknya Anda coba untuk mempelajari terkait siapa saja dan dimana pasar yang memiliki potensi untuk bisnis yang akan Anda jalani. Pemahaman dan wawasan yang baik akan pasar yang berpotensi nantinya bisa membantu Anda ketika menentukan strategi promosi yang tepat.

Seperti contoh, apabila produk yang akan Anda jual adalah produk khusus anak-anak, sebelum memulai menawarkan produk ini, ketahui terlebih dahulu berapa uang jajan dari seorang anak-anak secara umum, hingga mencari tahu berapa rata-rata penghasilan yang dimiliki orang tua mereka, Anda cukup mencari angka perkiraan, tidak perlu angka yang akurat dengan begitu Anda bisa memulai untuk memasarkan produk Anda dan menentukan harganya agar tetap bisa dijangkau oleh target pasar Anda.

2.       Lokasi yang Strategis

Anda pasti pernah melihat ada jasa pijat refleksi di pusat perbelanjaan atau mall. Jika dilihat sepintas terasa sedikit aneh jika menemukan jasa pijat di antara tenant yang menjajakan pernak-pernik dan sejenisnya.

Akan tetapi bila dipikirkan baik-baik, mall atau pusat perbelanjaan adalah lokasi paling strategis untuk membuka bisnis pijat apabila pasar yang ditargetkan merupakan orang-orang yang lelah atau capek setelah seharian mengelilingi mall untuk keperluan belanja.

3.       Display yang Menarik

Memiliki bisnis yang baru saja dibuka, pastinya belum membuat banyak orang mengetahui akan bisnis yang Anda miliki. Maka dari itu, penting sekali untuk menyajikan barang atau jasa yang akan dipasarkan dalam bentuk display yang sangat baik dan efektif.

Tampilan yang pas bisa mencuri perhatian banyak orang agar tertarik dan penasaran akan bisnis yang Anda punya. Bila terjadi demikian, kedepannya Anda akan semakin mudah untuk memasarkan bisnis Anda. Apabila bisnis yang ingin Anda pasarkan tidak mempunyai produk fisiknya melainkan jasa, pastikan lokasi bisnis dimana Anda memberikan jasa tersebut dibuat semenarik mungkin.

4.       Memanfaatkan Sosial Media

Membuka sebuah bisnis apalagi di tengah berkembangnya teknologi yang semakin canggih tentu sudah banyak hal-hal yang ikut berubah khususnya hadirnya media sosial yang bisa dijadikan sebagai wadah mengembangkan suatu bisnis apapun.

Model satu ini tidak kalah penting dimana Anda melakukan penyelaman di dunia maya. Sosial media adalah lokasi paling ideal untuk menerapkan konsep words of mouth atau melakukan pemasaran dengan metode mulut ke mulut. Apabila bisa dimanfaatkan dengan baik, usaha atau bisnis yang sedang Anda jalani bisa berkembang dengan begitu cepat.