Berikut 5 Tips Terhindar dari Pinjaman Online Ilegal

Saat ini masih banyak sekali terror penawaran pinjaman online melalui SMS. Jumlah pinjaman yang ditawarkan pun jumlahnya sangat besar, apabila kamu mendapatkan penawaran seperti itu maka ada baiknya kamu harus berhati hati terlebih dahulu. Karena hal itu adalah salah satu ciri dari pinjaman online ilegal yang saat ini marak terjadi di Indonesia. untuk kamu yang ingin meminjam pinjaman online maka harus lebih waspada untuk menghindari penipuan. Lalu, bagaimanakah cara untuk menghindari pinjaman on line? Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba.

Tips untuk menghindari pinjaman online ilegal

1. Hindari iklan yang mencolok

Banyak dari para korban pinjaman online yang sering mendapatkan sms secara terus menerus. Apabila kamu mendapatkan seperti itu maka patut kamu curiga dan juga hindari karena hal tersebut sudah mencurigakan. Jangan pernah Tergiur dengan ajakan dari para penyedia pinjaman on line secara ilegal yang menawarkan pinjaman tinggi dengan bunga yang rendah. Saat ini kamu harus lebih cermat lagi dalam hal tersebut untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. Hati-hati dengan pinjaman bunga tinggi dan cepat cair

Pada umumnya para penyedia pinjaman on line ilegal ini akan melakukan banyak cara untuk menarik para nasabahnya untuk mengambil pinjaman kepada mereka. Salah satunya yaitu dengan menawarkan jaminan dengan bunga yang tinggi dan cepat cair. Bahkan dana tersebut bisa cair dalam hitungan jam saja. 

Karena hal tersebut biasanya para calon nasabah akan Tergiur sehingga tidak membaca kontrak dengan baik baik. Hal tersebut tentu saja bisa merugikan kamu, karena di dalam kontrak tersebut biasanya ada bunga yang ditawarkan dengan sangat tinggi.

Apabila di dalam kontrak tersebut ada bunga yang sangat tinggi, maka kamu harus mewaspadai, karena khawatir kamu tidak bisa membayar bunga tersebut dan akhirnya kamu akan terlilit hutang.

3. Jangan memberikan kontak mu sembarangan

Pada umumnya pinjaman on line legal ini juga dapat dating dari berbagai Lembaga yang tersebar saat ini melalui aplikasi yang dapat di download secara bebas. Nah, untuk hal ini kamu harus teliti dan juga jeli, Ketika para penyedia pinjaman meminta untuk mengakses kontak yang ada di ponsel kamu. 

Pada umumnya, ada beberapa aturan yang mewajibkan para peminjam untuk mengijinkan penyedia pinjaman bisa mengakses kontak dan apabila tidak mendapatkan izin maka kamu tidak akan bisa mendapatkan pinjaman. 

Oleh karena itu, lebih baik jika ada hal tersebut kamu harus mencurigai dan juga hati-hati, sebab tidak dapat dipungkiri jika kamu akan terjebak oleh perusahaan yang sebenarnya merupakan penyedia pinjaman secara ilegal tersebut.

4. Jangan sembarangan meminjam dan pahami resiko

Meskipun saat ini akses pinjaman dana memang telah sangat mudah untuk dilakukan, namun tidak berarti kamu dapat meminjam uang secara sembarangan. Kamu harus mengetahui jika kamu meminjam uang, maka kamu akan menambah beban hutang dalam keuangan, dan ada pula resiko yang wajib kamu tanggung jika tidak bisa membayar nya. 

Mulai dari adanya denda yang besar sampai bunga yang menumpuk dan kamu tidak sanggup untuk membayar nya.  Oleh karena itu, kamu harus memastikan jika pinjaman tersebut sifatnya produktif dibandingkan dengan konsumtif.

Lalu apakah perbedaan pinjaman produktif dan konsumtif?

Pinjaman produktif merupakan pinjaman yang dapat digunakan untuk menambah jumlah dari aset yang kamu punya. Pada umumnya, hasil dari pinjaman tersebut dapat digunakan untuk membayar hutang yang ada ataupun membayar cicilan yang kamu memiliki.

Namun, pinjaman konsumtif merupakan pinjaman yang tidak mempunyai nilai dan juga dianggap tidak akan terlihat hasilnya. Contohnya dari pinjaman konsumtif merupakan pinjaman untuk membeli kendaraan baru pakaian dan lain lain.

5. Waspada pinjaman bank lain ilegal yang tidak terdaftar dalam OJK

Tips selanjutnya untuk menghindari pinjaman illegal yaitu pastikan kamu memilih perusahaan atau Lembaga yang telah terdaftar di otoritas Jasa keuangan (OJK) agar menghindari dari pinjaman illegal. Untuk hal tersebut, OJK telah memiliki keamanan yang sangat ketat untuk melakukan pengawasan dalam hal pinjaman online. 

Sehingga jangan pernah untuk melakukan pengajuan pinjaman pada tempat yang tidak terdaftar secara resmi di dalam OJK.Ada pula, kamu yang akan mengajukan pinjaman, saat ini kamu dapat melakukan pengecekan Lembaga tersebut melalui situs resmi dari OJK yaitu ojk.go.id

Nah, itu tadi pembahasan mengenai tip untuk menghindari pinjaman on line secara ilegal yang harus kamu ketahui sebelum kamu mengajukan pinjaman on line. Jangan lupa untuk mengecek Lembaga tersebut pada website dari OJK. Hal tersebut tentunya untuk menghindari kamu dari pinjaman on line illegal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan pembaca lainnya.