Berbisnis Online tanpa Modal, Realistis atau Cuma Mimpi Belaka?

Di era seperti sekarang ini yang mana adanya keberadaan teknologi yang semakin canggih setiap harinya telah dapat mengubah akan banyaknya tatanan disistem kehidupan kita semua. Kita sebagai manusia yang sebelumnya tidak menggunakan teknologi apapun seperti contoh jika ingin bertemu dengan teman jauh atau keluarga, pasti harus dengan tatap muka langsung. Namun dengan teknologi tidak perlu bertatap muka secara langsung lagi. Hanya bermodalkan handphone, semua bisa dilakukan tidak peduli dengan jarak sejauh apapun.

Dan sekarang kita juga sudah tidak asing lagi dengan internet. Dimana hampir setiap orang memiliki handphone yang dapat melakukan berbagai macam hal. Internet membuat hidup kita semakin berkembang dengan ide ide kreatif. Tak terkecuali dengan bisnis.

Sekarang bisnis dapat dilakukan dimanapun dan kapan saja. Bisnis yang bisa dilakukan secara online ini yang sekarang membuat semua orang ingin melakukan bisnis online. Hal pertama yang disiapkan jika kamu akan berbisnis, pastinya kamu menyiapkan modal? Apakah ada bisnis yang bisa dimulai tanpa modal? Adakah bisnis online yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang sepersenpun? Apakah itu hanya mimpi atau suatu realistis yang bisa benar terjadi? Simak sampai akhir, ya!

Bisnis online tanpa modal? Bisa banget. Namun yang menjadi syarat utama untuk kamu dapat memulai bisnis onlinemu sendiri hanyalah koneksi internet. Pastikan kamu mempunyai koneksi internet yang stabil agar bisnis onlinemu dapat berjalan dengan lancar. Syarat yang kedua adalah kamu harus memiliki keahlian untuk memasarkan produkmu sehingga produkmu akan lebih tepat sasaran.

Beberapa Bisnis Online tanpa Modal 

Jasa Freelance

Kamu dapat memulai bisnismu dengan menggunakan jasamu. Contoh jasa yang bisa kamu jadikan ladang berbisnis tanpa modal, diantaranya :

  • Menulis

Saat ini begitu banyak orang yang mencari jasa penulis untuk dikontrak secara freelance. Kamupun dapat memulai bisnismu dengan menjadi seorang penulis freelance. Bisnis ini dapat kamu kerjakan dimanapun dan kapanmu. Pastinya semua pekerjaan memiliki tengat waktu penyelesaian.

Walaupun kamu berbisnis secara freelance, kamu harus tetap melakukan bisnismu secara professional dan harus menyelesaikan project artikelmu sesuai dengan tengat waktu yang telah diberikan.

Kamu dapat mendaftarkan dirimu kepada situs freelance, seperti Freelance, UpWork, Guru, dan semacamnya. Melalui situs situs tersebut yang mungkin jumlahnya lebih banyak lagi, kamu dapat memulai bisnismu secara mandiri.

Berbisnis Online tanpa Modal, Realistis atau Cuma Mimpi Belaka?

  • Editing dan Proofreading

Bisnis jasa yang satu sekarang banyak dicari oleh banyak orang. Bisnis ini sejalan dengan jasa menulis. Sekarang banyak penulis yang memiliki sifat akan bias terhadap karya tulisan yang telah mereka hasilkan sendiri. 

Disini kamu akan menjadi semacam orang ketiga yang harus memiliki pandangan yang netral serta harus dapat memberikan kritik dan saran melalui sudut pandang si pembaca. Bisnis ini memerlukan kemampuan membaca cepat dan harus memiliki tingkat ketelitian yang sangat tinggi.

  • Desain

Banyak orang yang sangat membutuhkan jasa desain ini. Mereka akan mengumumkan tawaran dengan sistem lelang. Kamu sebagai desainer akan diminta untuk dapat mengajukan beberapa contoh desain karyamu sesuai dengan ketentuan yang telah diminta oleh mereka. 

Peluang bisnis ini sangat besar. Semakin berkembangnya bisnis desain kamu, kamu akan dapat membuka lapangan-lapangan pekerjaan untuk orang lain.

  • Translator

Dengan semakin terbukanya akan akses informasi banyak, kebutuhan orang yang memerlukan penerjemahpun lambat laut mengalami peningkatan. Peluang bisnis ini dapat kamu manfaatkan buat kamu yang memiliki kemampuan berbahasa asing. Terlebih lagi jika kemampuan berbahasa asing kamu lebih dari 1.

Dapat dipastikan bisnis kamu yang satu ini akan berjalan dengan baik dan sangat lancar. Bisnis ini dapat berwujud seperti tulisan ataupun rekaman suara.

Konsultan

Selain jasa yang telah dijelaskan diatas, kamu dapat membuka bisnis kamu sebagai seorang konsultan, seperti misalnya :

  • Website Konsultan

Seperti yang kita tahu, bahwa website telah menjadi bagian yang sangat utama untuk bisnis. Dengan mengincar keuntungan yang akan didapat dari Adsens, banyak website yang dengan sengaja dibuat agar mendatangkan pengunjung yang banyak.

Maka sebab itulah banyak website yang memerlukan konsultan dengan tujuan agar konsultan dapat memberikan arahan dan masukan tentang bagaimana website seharusnya berkembang dengan baik. Contohnya dengan membuat desain website yang baik, menarik, dan ramah kepada para pengunjung.

Konsultan juga wajib mengidentifikasi data-data statistic agar website dapat berkembang.

  • Desain Interior Konsultan

Jika kamu telah memulai bisnis ini, kamu harus mendedikasikan dirimu khusus kepada klienmu. Bisnis ini dapat dimulai hanya dengan menggunakan video call seperti zoom atau skype dan email.

Kamu dapat menjalankan bisnis dengan 2 cara. Berbisnis secara mandiri atau bekerjasama dengan orang lain. dengan teknologi internet seperti sekarang ini, konsultasi akan dapat dilakukan secara singkat dan lancar tanpa harus melakukan tatap muka.