Berapa Persen Gaji yang Ideal Untuk Diinvestasikan

Melakukan investasi bisa dikatakan masih belum terlalu familiar untuk sebagian orang, yang dimana mereka belum begitu menyadari bahwa investasi lumayan penting, selain memperoleh pendapatan yang cukup di setiap bulannya. Nah, bagi Anda yang belum begitu mengetahui soal investasi namun sudah memiliki pendapatan atau gaji perbulan sebaiknya simak artikel ini sampai habis, karena akan dijelaskan semua terkait besaran gaji yang ideal untuk di investasikan.

Menentukan Berapa Persen Uang Investasi dari Gaji

Para ahli keuangan semuanya kompak menyatakan bahwa pembagian pendapatan menjadi 50, 30 dan 20. Dimana 50% gaji Anda akan dialokasikan untuk berbagai keperluan sehari-hari berupa biaya makan, transportasi, tagihan dan lain sebagainya.

Kemudian 30% lagi dialokasikan untuk melunasi/mencicil utang serta hal lainnya. Anda juga tetap bisa nongkrong bersama teman, namun jangan lupa untuk menyiapkan anggaran secara khusus supaya tidak berlebihan.

Apabila Anda tidak mempunyai utang, tentu akan sangat baik sebab selain mengurangi beban, Anda juga dapat memakai uang tersebut untuk keperluan lain. Seperti memberikan uang ke orang tua. Sebab anak milenial sekarang ini rata-rata rajin sekali memberi sebagian gaji mereka untuk diberikan kepada orang tua.

Lalu untuk 20% terakhir bisa digunakan untuk keperluan investasi. Angka ini merupakan persentase paling pas dan ideal untuk melakukan investasi. Apalagi untuk awalan, tentu sangat disarankan jangan terlalu berlebihan sebab Anda masih proses atau baru masuk tahap pembelajaran. Pada intinya jangan terburu-buru sebab Anda masih memiliki begitu banyak waktu untuk menjalankan investasi.

Akan semakin bagus bila Anda bisa melakukan apa hal yang Anda mulai. Anda akan menjadi percaya diri ketika ingin mengambil keputusan di masa depan. Saat Anda pertama kali melakukan investasi, mungkin Anda akan merasakan kondisi yang tidak Anda inginkan. Namun jangan sampai berkecil hati, tetap semangat dan jangan pantang menyerah sebab seluruh proses dapat dijadikan sebuah pelajaran.

Apa Sebetulnya Manfaat Melakukan Investasi?

Karena masih banyaknya orang yang belum menyadari betapa pentingnya investasi. Maka dari itu, simak seluruh penjelasannya dibawah ini:

1.       Persiapan Untuk Masa Tua

Siapapun pasti ingin memiliki masa tua yang menyenangkan dan damai, tidak membebani orang lain, serta bisa menikmati hasil kerja keras yang sudah dikumpulkan selama hidup.

Tidak hanya itu, Anda juga tidak bisa menebak apa yang akan terjadi di masa tua. Mungkin saja hal-hal yang diluar dugaan seperti kecelakaan, sakit, atau macam-macam musibah. Investasi dapat mengurangi beban terkait hal-hal tersebut di masa akan datang.

2.       Untuk Mengejar Cita-Cita

Investasi dapat membantu menggapai cita-cita seseorang. Seperti contoh, Anda sangat ingin mengunjungi negara di Eropa. Mengelilingi dunia tentu memerlukan uang yang tidak sedikit dan uang tersebut tidak akan bisa Anda dapatkan jika berdiam diri saja. Nah, Investasi merupakan salah satu opsi agar Anda bisa merealisasikan impian tersebut.

Tentu akan terasa sangat puas dan menyenangkan jika dapat meraih cita-cita yang telah lama diidamkan. Tak masalah apabila saat ini masih belum bisa mewujudkannya, Anda dapat menyusun rencana dari sekarang juga, lalu melakukan Investasi.

3.       Menjadi Penghasilan Pasif

Melakukan investasi juga dapat menciptakan pendapatan pasif bagi siapa saja yang melakukannya. Pendapatan pasif yang dimaksud yaitu Anda tetap dapat menghasilkan sejumlah uang, meski Anda tidak melakukan pekerjaan apapun. Pendapatan ini dapat diperoleh saat Anda sudah memiliki investasi di sektor properti, seperti menyewakan ruko, kos-kosan, sebidang tanah atau bahkan rumah. Tentu memiliki investasi dibidang properti sangat amat menjanjikan.

Dengan memiliki penghasilan pasif, setidaknya keuangan Anda bisa lebih aman apalagi jika Anda memiliki pendapatan lain seperti bekerja di sebuah perusahaan atau memiliki bisnis yang sedang berkembang, dan bahkan uang yang diperoleh dari investasi properti juga dapat dijadikan penyuplai dana tambahan untuk  mengembangkan bisnis yang Anda jalani saat itu.

4.       Memiliki Kebebasan Finansial pada Usia yang Telah Ditentukan

Anda dapat mendapatkan kebebasan finansial meski baru menginjak usia 45 tahun. Saat seluruh orang masih terus bekerja, Anda telah pensiun lebih awal, dan langsung menikmati hasil kerja keras Anda selama ini. Kondisi ini dapat Anda ciptakan dengan menyusun perencanaan matang serta yang pastinya sudah mulai melakukan investasi dari sejak dini.

Jadi seperti itulah berbagai manfaat yang dapat Anda rasakan dengan melakukan investasi. Wajar bila melakukan investasi sangat disarankan orang para pakar keuangan. Saat ini yang perlu Anda ketahui yaitu sebaiknya melakukan investasi berapa persen besarannya dari total gaji yang mana sudah dijelaskan semuanya di atas.

Sebenarnya Anda yang mempunyai pendapatan tetap tiap bulan tergolong beruntung sebab akan lebih mudah untuk urusan mengelola keuangan. Memulai investasi pastinya membutuhkan rencana yang sangat matang. Disini Anda harus dapat membedakan apa yang diinginkan serta apa yang Anda butuhkan. Kemudian, sedikit menahan diri demi kehidupan di masa depan yang jauh lebih baik.