Begini Cara Atur Keuangan yang Benar Untuk Bisnis

Begini Cara Atur Keuangan yang Benar Untuk Bisnis

Belakangan ini ada begitu banyak orang yang secara sadar ingin mendirikan sebuah usaha dengan skala kecil. Hanya saja yang disayangkan, para pemilik usaha kecil tersebut banyak yang gagal. Kira-kira apa penyebabnya?

Biasanya keberhasilan dari sebuah usaha sangatlah ditentukan oleh bagaimana si pemilik bisnis mengelolanya. Apabila mampu dikelola secara baik, tentu bisnis tersebut akan berjalan lancar. Sebaliknya, bila dikelola sesuka hati sudah pasti akan gulung tikar.

Tips Mengelola Keuangan Usaha

Karena itu sebelum kamu membuka usaha, ada baiknya bila memperkuat pemahaman tentang berbisnis terlebih dahulu. Khususnya mengenai pengelolaan usaha, sebab jika kamu tidak memiliki pemahaman dasar ini. Dikhawatirkan usaha yang dijalankan bisa berantakan dan tidak berjalan sesuai dengan rencana.

Berikut adalah cara atur keuangan yang baik dan benar untuk bisnis, yaitu:

Mengedukasi diri

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat ingin bisa mengelola keuangan usaha dengan baik adalah mengedukasi diri sendiri. Cara untuk bisa mengedukasi diri adalah dengan mempelajari bagaimana pembuatan laporan keuangan, kamu harus tahu bahwa membuat laporan keuangan itu terbagi menjadi empat, yaitu:

  • Laporan arus kas
  • Laporan penghasilan
  • Laporan neraca
  • Laporan modal

Apabila kamu sudah mempelajari bagaimana caranya membuat laporan keuangan, maka bisa disimpulkan jika kamu telah mengambil langkah yang benar untuk mengembangkan bisnis yang akan dijalankan nantinya.

Membuat perencanaan

Cara atur keuangan yang benar untuk bisnis selanjutnya adalah dengan membuat perencanaan di mana pada umumnya harus dilakukan sebelum kamu memulai bisnis. Siapkanlah secara pasti gambaran besar serta langkah awal untuk memulai bisnis tersebut. 

Rencanakan secara matang apa saja yang nantinya akan kamu lakukan dengan bisnis yang dijalankan. Contohnya rencana harian, rencana mingguan dan bulanan. Dengan menerapkan cara tersebut nantinya perkembangan dari bisnis lebih terstruktur rapi. 

Kamu juga perlu secara detail membuat planning, mulai dari apa yang nantinya harus dilakukan, peralatan-peralatan yang dibutuhkan sampai dengan besaran modal yang dipersiapkan.

Membuat anggaran

Selain membuat perencanaan jangan lupa untuk membuat anggaran. Hal ini merupakan salah satu yang terpenting ketika kamu akan menjalankan suatu usaha. Budgeting sendiri memiliki tujuan guna membatasi penggunaan uang supaya tidak membengkak. Kamu bisa membuat anggaran seperti ini untuk bulanan atau mingguan.

Pisahkanlah pengeluaran tersebut berdasarkan dengan kelompoknya, kamu harus memastikan bila seluruh kebutuhan bisnis dapat terpenuhi dengan baik. Membuat budgeting yang teratur bisa lebih meningkatkan efisiensi sebuah usaha dan dapat berdampak baik untuk waktu yang panjang.

Untuk menentukan anggaran pada baiknya kamu mempertimbangkan yang telah tercatat di dalam buku kas. Dari situ nantinya bisa terlihat pada pos pengeluaran mana yang memang perlu ditambahkan dan juga dikurangi. Kamu harus tahu bahwa pembuatan budgeting tersebut tidak dapat dipisahkan antara periode yang satu dengan yang lain.

Mengawasi cash flow keuangan

Cara atur keuangan yang benar untuk bisnis selanjutnya yaitu dengan selalu mengawasi cash flow keuangannya. Tujuannya adalah mencegah terjadinya kebocoran kas, walau memang tidak mudah memantaunya dikarenakan memerlukan ketelitian tinggi, namun bukannya tidak mungkin.

Kamu harus memahami tentang bagaimana dasar ilmu akuntansi mengenai kas keuangan secara baik dan benar. Bila kamu kesulitan dengan hal tersebut sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang bisa membantumu untuk membuat catatan pengeluaran dan juga pemasukan.

Atau jika ingin melakukannya secara manual pun kamu juga bisa, templatenya sendiri dapat dicari secara online dan kamu terapkan pada bisnis yang akan dijalankan nantinya. Lakukanlah hal tersebut dengan benar supaya kamu dapat melihat di manakah ada kejanggalan dan segera dibenahi.

Perputaran arus kas menjadi lebih cepat

Ketika kamu sudah pandai dalam pengelolaan keuangan bisnis, seperti misalnya mengelola uang hutang piutang secara baik tentunya perputaran arus kas dari usaha tersebut lancar dan tidak ada hambatan apapun.

Jika ditanya mengapa mengelola utang piutang sangat berhubungan erat dengan putaran arus kas? Sebab nantinya cash flow bisa melambat bila termin dari penjualan kredit jauh lebih lama jika dibandingkan dengan pembeliannya karena itu kamu perlu menyeimbangkan kedua hal tersebut supaya bisnismu baik-baik saja dan lebih berkembang.

Memisahkan rekening bisnis dan pribadi

Cara atur keuangan yang benar untuk bisnis terakhir adalah dengan memisahkan rekening usaha dan rekening pribadi. Tujuan pemisahan tersebut adalah untuk menghindari kamu menggunakan uang bisnis untuk keinginan pribadi..

Sebab jika kamu menggunakan dana usaha untuk kebutuhan pribadi pastinya akan membuat perputaran arus kas bisnis menjadi berantakan dan bisa-bisa uang tersebut habis. Apabila sampai terjadi, mau tidak mau kamu harus menutup usaha tersebut.

Karenanya belajarlah untuk lebih mengelola keinginan pribadi kamu untuk berbelanja dan pisahkan dana usaha ke rekening khusus dan tidak boleh digunakan untuk keperluan pribadi, jika tidak ingin bisnismu mengalami kegagalan.