Beberapa Ide Bisnis yang Berpotensi Masuk Pasar Ekspor

Kondisi ekonomi saat ini dirasa dari hari ke hari selalu berubah. Kondisi yang dinamis ini menjadikan masyarakat dituntut untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif untuk dapat bertahan dalam kondisi ekonomi yang stabill. Bersyukurnya, ditengah gelombang ekonomi yang pasang surut ini, berbagai akses kemudahan bisa diperoleh dengan gampang oleh para masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi untuk dijadikan modal pemikiran membaca peluang bisnis.

Melalui gawai yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat saat ini, kamu kamu bisa mengeksplore dengan mudah informasi-informasi yang bisa kamu gunakan sebagai peluang bisnis. Apalagi saat ini berbagai macam ide bisnis yang kreatif sangat mudah diterima oleh pasar lokal bahkan internasional. Tentu hal tersebut menjadikan kamu lebih mudah memanfaatkan segala peluang untuk menambah pendapatan ekonomi kamu.

Potensi Bisnis Tembus Ekspor

Ide bisnis berskala kecil saat ini tidak bisa diremehkan, peluangnya cukup populer di era sekarang. Beragam produk yang tersaring dengan kualitas terbaik tidak hanya tidak hanya berpeluang di pasar dalam negeri saja, melainkan dunia perdagangan internasional pun banyak menerima. Perputaran ekonomi global semakin besar bahkan saat ini banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dengan kekuatannya mampu selain membantu menopang perekonomian masyarakat dan menggerakan perekonomian nasional, juga telah menjadi sektor yang seksi dilirik pasar global.

Bagi kamu yang membutuhkan referensi ide bisnis yang berpotensi masuk pasar ekspor, simak informasi penting di bawah ini. Berikut terangkum beberapa ide bisnisnya:

1.      Sayuran

Sayuran menjadi komoditas pangan yang selalu dibutuhkan setiap negara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Faktor geografis setiap negara yang berbeda-beda akan mempengaruhi hasil sumber daya alam, sehingga tidak semua jenis tumbuhan sayuran dapat dipenuhi oleh setiap negara. Otomatis, aktivitas ekspor sayur dari negara penghasil untuk negara yang membutuhkan secara rutin dibutuhkan. Oleh karena itu, sayuran ini bisa kamu lihat sebagai peluang produk ekspor yang bisa kamu jajali, terlebih jika kamu tinggal di daerah subur penghasil sayur. Kembangkan dan rentangkan lebih lebar pandangan usaha kamu untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Peluang bisnis sayur ini bisa kamu lakukan dalam kondisi bahan baku mentah atau bisa juga kamu olah terlebih dahulu, karena barang olahan akan mempengaruhi nilai jualnya.

2.      Pakaian/Garment

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) produksi industri manufaktur besar dan sedang (PMS) pada kuartal I tahun 2019 mengalami kenaikan hingga 4,45% dan sektor yang menjadi penyangga utamanya adalah hasil kontribusi dari industri pakaian jadi atau garmen. Hal tersebut merupakan hasil dari permintaan ekspor. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh pihak Kementerian Perindustrian bahwa kondisi tersebut dipengaruhi oleh adanya kebijakan pemerintah Indonesia yang berupaya untuk pengendalian kegiatan impor, adanya supply dari hulu yang meningkat sehingga mendorong kualitas kinerja yang positif ke industri hilir. Sehingga menjadikan sektor industri garmen atau pakaian ini menjadi sangat berpeluang.

Terlebih dunia fashion Indonesia yang sangat beragam bertambahlah peluang bisnis ini untuk bisa lebih diperhatikan sebagai ide bisnis yang berpeluang besar menuju pasar ekspor.

3.      Produk Kecantikan Alami

Indonesia yang kaya akan rempah dan sumber daya alam lainnya di anugerahan Tuhan untuk bisa dimanfaatkan sebaik dan sebijak mungkin. Bahan baku produksi tersebut bisa diolah menjadi berbagai macam produk baik pangan hingga kecantikan. Tanaman Rempah dan sumber daya lain yang berasal dari laut, seperti rumput laut, Mutiara, dan lain sebagainya dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produk kecantikan alami.

Melihat peluang saat ini, dunia kecantikan seperti skin care, body care, healthy life cukup menjadi aspek yang sangat diperhatikan oleh masyarakat hampir diseluruh belahan dunia, kamu perlu manfaatkan hal tersebut untuk dapat dijadikan sebagai ide bisnis. Namun dengan catatan kami perlu memperhatikan kejujuran dalam berbisnis terutama mengenai ingredient dalam tahap produksi, legalitas usaha, dan sertifikasi kelayakan penggunaan. Jadikan, ini sebagai ajang persaingan dengan produk impor seperti dari Korea, Jepang, dan Cina.

4.  Produk Kulit

Bandung dan Garut menjadi daerah yang dikenal dengan produk usaha kulit dengan kualitas terbaik di Indonesia. Permintaan barang berbahan dasar kulit asli Indonesia selalu menempati jumlah yang cukup tinggi di pasar ekspor, oleh karena itu hal tersebut dapat menjadi peluang ide bisnis yang tembus ke pasar ekspor. Beragam bentuk bisa kamu kreasikan melalui kulit ini.

5.  Ekspor kerajinan

Peminat produk kerajinan asli indonesia juga menjadi barang yang memiliki permintaan tertinggi di pasar ekspor. Jika kamu merupakan seorang yang kreatif, kamu bisa gunakan dan kembangkan kreatifitas kamu menjadi peluang usaha di industri ekonomi kreatif melalui produk kerajinan khas Indonesia yang banyak dilirik minat dunia internasional, baik dari sisi keunikan dan kualitasnya.

Itulah beberapa contoh ide bisnis yang dianggap berpotensi menembus pasar ekspor. Kamu tertarik menggeluti bidang yang mana nih?!