Analisis Peluang Usaha Bagi Pemula Sebelum Memulai Bisnis

Pentingnya analisis peluang usaha sebelum memulai bisnis bagi pemula, bertujuan untuk memunculkan ide baru, melakukan riset pasar, hingga menyusun strategi yang matang dalam membaca peluang. Untuk itu, analisis peluang usaha sangat diperlukan dalam mengembangkan usaha maupun bisnis.

Analisis peluang usaha menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan bisnis yang dirintis, tanpa analisa yang tepat bisa memunculkan keraguan bahkan mandeknya suatu usaha, maka diperlukan suatu rumusan metode analisis peluang usaha yang akan dijalankan.

Terdapat beberapa metode analisis peluang usaha yang bisa diterapkan dalam membangun usaha atau bisnis, seperti metode SWOT, metode 5W+1H, studi kelayakan dan business plan. Untuk mengetahui penjelasan detailnya, simak uraian dibawah ini.

Metode Analisis Peluang Usaha

1. Metode SWOT

SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) adalah metode analisa usaha yang bisa dijalankan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal.

Bagi seorang pebisnis, metode SWOT menjadi sangat penting agar bisa mengukur kelemahan, kekuatan, peluang hingga ancaman yang muncul pada usaha yang dijalankan.

Metode analisa SWOT punya manfaat yang penting dalam meningkatkan rasa percaya diri, serta mampu memperhitungkan setiap pengambilan keputusan bisnis, agar lebih terukur dan optimal.

2. Metode Analisis 5W + 1H

Apa itu analisis 5W + 1H? Untuk menganalisa peluang usaha dapat menggunakan metode ini, dimana anda bisa membuat list pertanyaan dengan konsep what, where, when,why dan who serta how.

Analisis peluang usaha dengan metode ini diharapkan mampu menjawab semua yang belum diketahui, sehingga bisa menyusun rencana selanjutnya secara matang dalam mengembangkan bisnis yang sudah ada maupun yang akan dibangun.

3. Studi Kelayakan Usaha

Dengan menggunakan metode studi kelayakan usaha, dapat mempermudah dalam menyaring jenis usaha apa yang paling menguntungkan dan sedang populer di pasaran.

Analisis peluang usaha dengan melakukan studi kelayakan, bisa menjadi pedoman dalam merintis bisnis baru, maupun mengembangkan bisnis yang sudah ada.

Studi kelayakan usaha merupakan proses penelitian dalam rangka mencapai keuntungan maksimal pada waktu yang tidak ditentukan, metode ini begitu populer di kalangan wirausaha karena mampu mengantar lebih dekat dengan tujuan.

Baca Artikel Selanjutnya : Tips Mengatur Keuangan Untuk Generasi Milenial

analisis peluang usaha

4. Menyiapkan Business Plan

Salah satu faktor kesuksesan dalam bisnis adalah adanya perencanaan bisnis yang matang, perlunya rencana usaha yang disusun secara seksama bertujuan untuk mencapai target yang diharapkan.

Maka dari itu, syarat wajib sebelum mengajukan pendanaan atau investasi, terlebih dahulu menyiapkan business plan. Inilah yang perlu diterapkan oleh para pemula dalam melakukan analisis peluang usaha.

Pada dasarnya analisis peluang usaha dilakukan bertujuan untuk memetakan kekuatan strategi pemasaran lawan maupun diri sendiri. Dengan analisis peluang usaha yang tepat, maka diharapkan mampu bersaing dengan lebih siap dan matang.

Tujuan Analisis Peluang Usaha

Bagi para pemula yang baru memulai bisnis atau akan membangun bisnis, perlu mengetahui tujuan dari adanya analisis peluang usaha, diantaranya sebagai berikut :

  1. Mengetahui potensi keuntungan
  2. Menyusun teknik pemasaran yang tepat
  3. Melihat kondisi persaingan
  4. Mengetahui produk dan jasa yang banyak diminati
  5. Meminimalisir kerugian
  6. Validasi bisnis yang layak dikembangkan

Analisis peluang usaha merupakan faktor utama dalam menjalankan suatu bisnis, kesempatan dalam mengembangkan ide kreatif hingga mencari riset serta strategi yang akan diterapkan.

Guna meningkatkan keuntungan yang bisa diraih dengan menerapkan metode yang tepat, inilah cara yang harus disiapkan sebelum membangun bisnis bagi para pemula.