8 Strategi Keuangan Bisnis Untuk Pemula

Strategi keuangan ini merupakan salah satu strategi yang perlu dilakukan oleh seorang manajer strategi keuangan dalam suatu perusahaan. Strategi keuangan atau literasi keuangan merupakan kemampuan seseorang untuk memahami dan menggunakan secara efektif berbagai keterampilan keuangan termasuk manajemen keuangan pribadi, penganggaran maupun investasi. Literasi keuangan atau strategi keuangan merupakan dasar dari hubungan kamu dengan uang, dan ini merupakan perjalanan belajar seumur hidup. Semakin awal memulai semakin baik karena pendidikan adalah kunci dari kesuksesan dalam hal uang. 

Namun sayangnya banyak diantara kita yang terkadang masih buta huruf keuangan, menjadi buta huruf secara finansial dapat menyebabkan sejumlah jebakan seperti mengakumulasi beban hutan yang berkelanjutan baik melalui keputusan pengeluaran yang buruk maupun kurangnya persiapan jangka panjang. Ini dapat menyebabkan kredit yang buruk, kebangkrutan, dan konsekuensi negatif lainnya.

Dengan begitu kamu harus mempelajari yang namanya strategi keuangan. Berikut adalah 8 strategi keuangan yang dapat kalian terapkan atau lakukan bagi kamu yang masih pemula :

  • Pisahkan Uang Pribadi Dan Uang Usaha 

Banyak kesalahan para pengusaha UKM atau Usaha Kecil dan Menengah yang biasa terjadi dalam mengelola keuangan pada umumnya yaitu dengan menggabungkan uang usaha dengan uang pribadi mereka. Mungkin hal tersebut terjadi akibat kamu berpikir bahwa usahanya masih kecil sehingga tidak akan menjadi masalah apabila menggabungkan uang perusahaan dengan uang pribadi. Namun, yang akan terjadi adalah kamu akan sulit dalam membedakan antara pengeluaran pribadi dan pengeluaran perusahaan. Alhasil, kebutuhan pribadi anda akan sedikit demi sedikit menggerogoti dana atau saldo uang perusahaan anda. 

  • Buat Catatan Arus Kas 

Setiap bisnis bukanlah kegiatan yang dapat dilakukan dengan hanya berdasarkan ingatan melainkan menggunakan dengan catatan yang lengkap mengenai bisnis tersebut terutama keuangan. Minimalnya kamu harus memiliki buku kas yang dapat kamu gunakan untuk mencatat seluruh proses keluar masuknya uang usaha kamu, kemudian kamu bisa cocokan setiap harinya saldo yang ada dengan catatan kamu. Hal ini bertujuan untuk mengontrol lalu lintas uang dan memastikan agar tidak ada uang yang terselip. untuk proses ini kamu bisa menggunakan Microsoft Excel ada banyak contoh-contoh pencatatan arus kas yang bisa kamu tiru di berbagai sumber internet atau jika kamu bingung kamu dapat membuat catatan arus kas dengan versi kamu sendiri, minimalnya kamu mencatat uang masuk dan uang keluar yang sudah terjadi di perusahaan atau usaha kamu. 

  • Buat Rencana Penggunaan Uang 

Membuat rencana penggunaan uang juga penting karna kamu harus tetap merencanakan penggunaan uang kamu sebaik mungkin, bahkan saat kamu memiliki modal lebih banyak dari yang kamu kira. Jangan hambur hamburkan uang meski saldo kas kamu dalam posisi berlebih. Tanpa perencanaan yang matang segera saja kamu menemukan kamu dalam keadaan kekurangan dana. Tunda rencana-rencana  modal jika tidak memberikan manfaat dalam meningkatkan penjualan atau menurunkan biaya-biaya. Rencana ini sebaiknya dibuat sebelum bulan baru.

  • Lakukan Kontrol Arus Kas 

mengatur keuangan usaha yang harus kamu lakukan harus dikontrol secara berkala. Jika arus kas kamu berjalan secara lancar maka berbagai kewajiban yang harus kamu bayar juga akan lancar. Usahakan juga membayar tagihan-tagihan tepat pada waktunya. Arus kas usaha yang lancar juga akan berpengaruh positif bagi perkembangan usaha kamu. Dengan begitu aktivitas bisnis tidak akan menghadapi kendala dan usaha bisa tumbuh lebih baik dan terus berjalan dengan lancar. 

  • Tegas Pada Diri Sendiri

Tegaslah pada diri anda sendiri. Terlebih kebutuhan setiap hari semakin bertambah, godaan selalu datang menghampiri sehingga tak jarang mengeluarkan biaya untuk sesuatu yang tidak penting. Belanja atas dasar keinginan sering tanpa disadari terjadi pada diri kita, jangan berikan kelonggaran meskipun usaha anda masih tergolong UMKM. Ketegasan mengenai diri anda sendiri mengenai masalah keuangan perusahaan ini akan membawa dampak positif nantinya, bila perlu kamu bisa menerapkan sistem gaji untuk diri anda sendiri meskipun kamu dalam pemilik usaha tersebut dengan sistem seperti itu memungkiinkan anda untuk lebih ketat lagi dalam mengatur keuangan perusahaan. 

  • Disiplin dalam penggunaan uang

Kembali lagi dengan tujuan kamu dalam memulai usaha sehingga membuat kamu selalu ingat dengan tujuan yang ingin kamu capai. Misalnya kamu ingin sukses dan memajukan usaha yang kamu buat sehingga kamu dapat mengingat apa saja yang harus kamu capai atau apa yang menjadi Goals kamu. Sehingga pengeluaran yang kamu keluarkan tidak berlebihan apalagi sampai mengurangi saldo yang ada pada usaha kamu.

  • Menggunakan Aplikasi 

Zaman sekarang terkadang banyak sekali pengusaha yang malas dalam mengelola keuangan karena harus menyimpan buku kas yang banyak dan harus selalu mencatat di buku catatan keuangan kas. Bagi kamu yang merasa malas mencatat arus kas kini banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dapat mempermudah hidup anda, dengan bantuan aplikasi kamu tidak perlu terus mencatat dengan manual sehingga bisa lebih simple dan efisien untuk kamu.

  • Menentukan Harga Pokok 

Setiap kali kamu belanja pasti ada harga pokok. Barang itu ada 2 kamu beli dengan harga Fix atau kamu beli dengan harga dalam jangka waktu tertentu dan kamu mendapatkan cashback. Jadi, kamu harus menentukan harga pokok apakah kamu menggunakan harga beli atau anda membeli barang tersebut setelah diskon, hal tersebut penting karna kamu harus menentukan kontrol profit sehingga saat pembukuan kamu dapat terkontrol dengan baik. 

Itulah beberapa strategi keuangan yang dapat kalian lakukan bagi kamu yang masih pemula, segera perbaiki strategi keuangan kalian untuk hasil yang lebih baik lagi.